Buruknya Arus Kas, Jangan jangan ini penyebab bisnis bangkrut




Salah satu penentu keberhasilan dalam menjalankan bisnis adalah kemampuan suatu perusahaan dalam mengelola arus kas. Sepenting itukah arus kas ? Arus kas merupakan pergerakan uang yang masuk dan keluar di sebuah perusahaan.Agar terhindar dari masalah arus kas, di bawah ini adalah beberapa penyebab buruknya arus kas yang harus kamu hindari. Yuk simak selengkapnya ya !


1. Pencatatan tidak terorganisasi


Banyak bisnis yang melakukan pembukuan dan pencatatan keuangan seadanya karena mereka begitu sibuk dengan beban kerja yang besar dalam mendirikan bisnis. Biasanya ini terjadi ketika bisnis masih dalam tahap merintis atau baru mulai dan belum memiliki karyawan yang mengurusnya.


Namun, jika ini dibiarkan terus menerus, maka akan membuat bisnis sulit berkembang meski bisnis kamu sangat kompeten dan banyak diminati pasar.


2. Abai dengan piutang pelanggan


Piutang yang tidak tertagih atau kredit macet para pelanggan juga bisa melumpuhkan bisnis dengan cepat. Hal ini sangat mudah terjadi ketika kamu tidak memiliki sistem kontrol kredit dengan tepat. Tanpa adanya sistem kontrol kredit yang tepat, kamu tidak bisa menagih utang pelanggan dan tidak mengetahui dengan pasti berapa piutang yang harus kamu tagih.


Selain itu, pastikan juga kamu memberlakukan kebijakan yang tepat pada pelanggan yang melakukan kredit. Misalnya, tanggal jatuh tempo, denda jika pelanggan telat membayar, dan sebagainya. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi bisnis kamu.


3. Salah membuat kebijakan utang


Agar kamu juga terhindar dari denda dari supplier atau pemasok, maka pastikan syarat kredit yang kamu berikan telah sesuai dengan syarat kredit yang diberikan pemasok. Jika tidak, hal ini akan membuat arus kas negatif yang berdampak pada bisnis seiring waktu berjalan. Kenapa? Karena secara tidak langsung kamu harus membayar atau menalangi utang pelanggan ke pemasok


Solusinya, kamu bisa melakukan negosiasi kembali ke pelanggan dan pemasok. Atau bisa juga kamu memberikan penawaran menarik agi pelanggan seperti diskon jika mereka melakukan pembayaran lebih awal dari faktur yang sudah dibuat.


4. Kurangnya profit


Profit yang kecil juga bisa menyebabkan masalah pada arus kas. Dengan minimnya profit, perusahaan akan sulit mempertahankan bisnis. Apalagi jika bisnis tidak memiliki cadangan uang tunai dari laba periode sebelumnya ataupun tidak ada suntikan tunai. .


Jika bisnis kehilangan uang tunai, penting untuk mengungkap penyebab kerugian dan mengatasinya secepat mungkin. Solusi yang memungkinkan untuk meningkatkan profit adalah dengan menaikkan harga produk atau meningkatkan penjualan.


5. Lemahnya perkiraan arus kas


Menurut sebuah penelitian, perkiraan arus kas sangat penting, terutama bagi bisnis baru. Dengan perkiraan arus kas, kamu bisa memperkirakan waktu di mana bisnis akan mengalami defisit kas atau mengalami surplus. Kamu juga bisa mendapatkan gambaran yang cukup bagus tentang berapa banyak kas yang dibutuhkan bisnis selama satu tahun ke depan untuk terus beroperasi.


Dengan memperoleh banyak informasi tentang bisnis, kamu pun bisa lebih mudah membandingkan angka aktual dengan apa yang telah direncanakan. Ketika kamu melihat perbedaan antara dua angka tadi, pelajari lebih jauh untuk melihat kemungkinan apa saja yang akan terjadi.


Misalnya, jika kamu menemukan bahwa bisnis kamu menghabiskan dua kali lipat dari jumlah yang telah diperkirakan untuk tagihan listrik, maka kamu dapat melakukan efisiensi pengeluaran listrik dengan menghemat energi di kantor.


Selain itu, perkiraan ini juga bisa jadi salah satu informasi yang dapat membantu kamu membuat keputusan penting dalam bisnis, seperti kapan melakukan pengeluaran modal atau memutuskan untuk memotong pengeluaran atau tidak.


6. Mengembangkan bisnis tanpa rencana


Siapa yang tidak ingin mengembangkan bisnisnya. Namun, mengembangkan bisnis dengan terburu-buru dan tanpa rencana yang matang bisa menyebabkan masalah arus kas yang dapat merusak bisnis. Jadi, jika memang ingin mengembangkan bisnis, pastikan kamu memiliki rencana yang matang dan sesuai dengan kas yang kamu miliki.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!




38 views0 comments

Recent Posts

See All