Cara Memulai Bisnis Kuliner Pemula



Cara memulai usaha kuliner telah banyak dicari oleh para pemula yang ingin berkecimpung di dalamnya. Tingginya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh makanan, telah membuat banyak orang tergerak ingin memulai usaha kuliner. Usaha kuliner merupakan salah satu bentuk bisnis yang terbilang cukup menjanjikan. Untuk memulai bisnis kuliner, tentu saja kamu perlu memperhatikan strategi. Hal ini karena strategi dalam memulai sebuah bisnis bisa memperkirakan bagaimana suksesnya bisnis tersebut. Lalu gimana ya startegi nya ? Yuk simak selengkapnya !


1. Tetapkan Bisnis yang Diinginkan

Cara memulai usaha kuliner pertama adalah menetapkan bisnis yang diinginkan. Hindari untuk memulai usaha kuliner hanya karena mengikuti tren saja. Karena tren lama-kelamaan bisa hilang. Jika kamu hanya mengikuti tren, maka di masa depan usaha yang kamu buka bisa mengalami kegagalan. Kamu bisa memulai usaha kuliner dengan ketertarikan dan juga kemampuan yang dimiliki. Selain itu, memulai usaha kuliner dengan usaha sesuai dengan ketertarikan sendiri, bisa lebih niat dan juga berkomitmen dengan usaha yang kamu rintis tersebut.


2. Survei Pasar dan Potensi Bisnis

Sebelum memulai sebuah usaha, sebaiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu. Kamu bisa mengetahui bagaimana harga ataupun persaingan yang ada di pasar serta potensi bisnis yang akan kamu jalankan. Melakukan sebuah survey ini cukup penting untuk dilakukan dan jangan disepelekan. Pasalnya, dari survei inilah kamu bisa mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap usaha kuliner kamu.


3. Lokasi Usaha

Cara memulai usaha kuliner berikutnya dengan menentukan lokasi. Pilihlah lokasi usaha kuliner yang banyak dikunjungi atau dilalui banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan.


Jangan sampai modal kamu terkuras hanya untuk menyewa atau membeli tempat usaha, Kamu pun dapat melakukannya tanpa mempunyai tempat usaha tapi dengan menitip produk usaha dengan memilih ke lokasi strategis atau tempat usaha mitra.


4. Tetapkan Menu Andalan

Lakukanlah survei mengenai menu yang beredar di pasaran, lalu pilihlah menu yang belum banyak mereka jual di sana guna mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.


5. Target Pemasaran

Menyesuaikan jenis usaha dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman. Walaupun kamu menawarkan harga murah meriah, tapi tidak sesuai dengan selera konsumen ini bisa menjadi kendala.


6. Promosi yang Tepat

Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha ke banyak orang untuk cara memulai usaha kuliner yang tepat. Cara memulai usaha kuliner ini berhasil jika kamu bisa memuaskan konsumen dan nantinya bisa menjadi pelanggan setia. Atau bisa juga dengan memberikan promo untuk pelanggan yang memberikan review dan memberikan promosi di sosial medianya.


Nah setelah tau Cara Memulai Bisnis Kuliner Pemula, kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk anda yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !






4 views0 comments

Recent Posts

See All