Cara Menghadapi Perang Harga



Berbicara soal harga tentunya menjadi hal yang sangat sensitive dikalangan konsumen. Pasalnya, selisih harga sedikit saja produsen langsung kehilangan konsumen. Hal tersebut menyebabkan persaingan harga semakin meninggi, tentunya seiring dengan kebutuhan masyarakan yang semakin meningkat. Secara ekonomi memilih harga yang murah dengan kualitas yang sedikit berbeda menjadi daya Tarik tersendiri bagi konsumen.


Namun, tahukah kalian apa yang menyebabkan terjadinya perang harga?

Mari kita bahas sebagai berikut;

- Semakin banyaknya pebisnis baru yang masuk ke lingkup pasar sehingga menyebabkan persaingan pasar semakin berat.

- Jumlah barang dari pasar yang diperebutkan konsumen semakin kecil


Namun, dalam perang harga tentu produsen tidak selalu diuntungkan hanya karena memiliki banyak konsumen. Ada pula dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya perang harga bagi para produsen antara lain sebagai berikut:

- Harga pasar turun

- Pengusaha beralih bisnis di bidang lain

- Kualitas barang ikut menurun


Adapun bagi produsen cara yang tepat untuk menghadapi perang harga adalah sebagai berikut;

1. Kenali kelebihan dan kekurangan dalam usaha kamu.

kenali dulu kelebihan dan kekurangan dalam usaha kamu. Kemudian, buatlah catatan mengenai keunggulan dan kelemahan dari bisnis Kamu. Di sini, pengusaha bisa merancang berbagai promosi atau melakukan beberapa inovasi guna menutupi kekurangan usahanya.


2. Tawarkan harga yang kompetitif.

Tawarkan harga yang tidak jauh dari harga pesaing. Jika harga produk kamu sedikit lebih mahal dibanding produk pesaing, maka buatlah kelebihan dari toko Kamu misalnya dari segi pelayanan yang ramah, cepat, tanggap dan profesional yang mampu memuaskan para konsumen. Intinya jangan takut menawarkan harga sedikit mahal, namun kualitas produk bisa Kamu tawarkan.


3. Tingkatkan kualitas produk dan tambahkan nilai.

Semurah apapun produk yang ditawarkan produsen jika kualitasnya buruk maka konsumen enggan untuk membeli produk tersebut. Tentu konsumen akan selalu memerhatikan apakah harga yang ditawarkan setara dengan kualitas produk yang diberikan.


4. Buat pelayanan yang berbeda.

sebagai pengusaha cerdas Kamu tidak perlu terlibat dalam terlalu jauh perang harga. Kamu bisa melakukan suatu pembeda yang tidak dimiliki usaha pesaing. Misalnya memaksimalkan pada pelayanan, pemberian reward, dan banyak lagi lainnya.


Nah itu dia beberapa cara yang dapat kalian terapkan ketika menghadapi sebuah persaingan harga. Sebagai pengusaha yang bijak, Kamu tentu tidak boleh terjebak dalam perang harga ini. Kuncinya adalah berani menawarkan kualitas dan pelayanan.


Okey, sekarang sudah paham kan mengenai cara menghadapi perang harga. Nah Ilmukeuangan.com akan membahas lengkap tentang rahasia mengelola keuangan UMKM di E-course Jurus Keuangan Bisnis. Dapatkan harga khusus hari ini yaa..



26 views0 comments

Recent Posts

See All