Faktor Penyebab Produk Tidak Laku




Produk adalah faktor utama yang harus diperhatikan ketika Kamu mengembangkan sebuah bisnis. Tercapainya target penjualan suatu produk adalah tujuan utama dalam menjalankan bisnis. Namun, hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada yang sudah berjualan sekian lama, namun ternyata bisnismu belum menunjukkan performa maksimal. Ternyata ada banyak sekali faktor yang membuat produk yang Kamu jual menjadi tidak laku di pasaran. Jadi, bagaimana caranya mengenali penyebab produk kurang laku di pasaran? Apa saja ya faktor-faktornya ? Yuk simak selengkapnya !


a. Kurangnya perencanaan strategi pemasaran Perencanaan yang kurang dalam menentukan strategi pemasaran, merupakan hal yang dapat menyebabkan produk tidak laku dijual. Hal ini sering dilewatkan para pebisnis. Padahal, perencanaan strategi pemasaran merupakan hal pokok yang harus dilakukan sebelum Kamu memulai bisnis. Solusinya adalah ketika Kamu merencanakan strategi pemasaran, usahakan strategi tersebut berorientasi pada konsumen. Sehingga tercapai tujuan sebuah bisnis yaitu produk laku terjual.


b. Target Pasar yang Lebar Target pasar yang terlalu lebar dapat menyebabkan produk Kamu tidak laku dijual. Karena fokus Kamu akan terpecah ke semua golongan masyarakat dalam memasarkan produk. Hal ini, sering terjadi karena sebagian pebisnis menginginkan perolehan keuntungan yang sebesar-besarnya. Solusinya adalah Kamu perlu membuat target pasar prioritas. Agar strategi pemasaran yang Kamu susun terfokus dan tepat sasaran.


c. Kurangnya Jumlah Pemasok Bahan Baku Ketika produk yang Kamu tawarkan laku keras, pasti akan berdampak pada kekurangan pasokan bahan baku. Ini bisa mengakibatkan produk yang Kamu jual tidak laku. Karena kualitas produk Kamu menurun akibat bergantinya pemasok bahan baku produk dengan kualitas rendah akibat lonjakan penjualan. Solusinya adalah Kamu harus membuat list jumlah pemasok bahan baku produk yang mencukupi. Hal ini untuk menghindari Kamu kekurangan bahan baku produk ketika terjadi lonjakan penjualan.


d. Harga yang Terlalu Mahal Harga menjadi salah satu faktor produk tidak laku dijual. Kesalahan dalam penentuan harga produk sering dilakukan para pebisnis, terutama pebisnis pemula. Pada era ini, konsumen cerdas pasti akan membandingkan produk yang akan dibelinya. Terkadang produk dengan kualiatas hampir sama tetapi terjadi selisih harga yang lumayan tinggi akan membuat konsumen berpaling. Solusinya adalah Kamu harus melakukan survei harga kompetitor Kamu yang menjual produk sejenis. Lakukanlah survei terhadap beberapa kompetitor di wilayah Kamu akan memasarkan produk.


e. Perencanaan Finansial yang Kurang Matang Finansial merupakan hal paling krusial dalam bisnis, karena awal tumbuh dan bergeraknya suatu bisnis ada di finansial. Perencanaan finansial sering dikesampingkan, di mana para pebisnis hanya menyiapkan dana saja tanpa ada perencanaan yang matang. Sehingga, banyak bisnis yang gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal. Solusinya adalah rancang finansial bisnis Kamu dengan rapi, detail, dan matang. Buatlah perencanaan dengan sebaik-baiknya dan laksanakan apa yang telah Kamu rencanakan.


Dalam membuat perencanaan Financial, ilmu keuangan dapat membantu kamu serta mengajarkan dan membahas secafa detail mengenai keuangan bisnis, bagaimana cara membuat rencana bisnis, bagaimana cara membaca laporan keuangan, dll secara lengkap di Workshop Smart Financial Map. Daftarkan dirimu sekarang di Ilmukeuangan.com.




29 views0 comments

Recent Posts

See All