Jangan Keliru Omzet & Profit



Bagi Kamu yang bergerak dalam dunia bisnis, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah omzet dan profit. Sebab, kedua hal tersebut menjadi tolak ukur para pelaku usaha dalam mencapai goals bisnisnya. Sebagai seorang pengusaha, Kamu pasti sering diberikan pertanyaan mengenai berapa omzet yang didapatkan? Atau berapa profit yang didapat? Kedua pertanyaan tersebut merupakan pembicaraan yang umum di kalangan para pengusaha. Tapi masih ada diantaranya yang menganggap bahwa keduanya sama. Padahal jelas keduanya merupakan istilah yang berbeda. Untuk mengetahui keduanya coba simak artikel berikut ini !


Omzet merupakan sejumlah nilai total dari penjualan produk dalam suatu kurun waktu tertentu, dimana penjualan yang dimaksud ialah total pendapatan perusahaan sebelum dikurangi dengan biaya apapun termasuk biaya kebutuhan operasional.

Sedangkan, profit bermakna nilai jual suatu produk yang sudah dikurangi dengan biaya modal/biaya operasional atau dapat dikatakan sebagai pendapatan bersih perusahaan.


Perbedaan yang lebih jelasnya seperti dibawah ini:

1. Rumus perhitungan yang berbeda

Omzet hanya sebatas perhitungan total penjualan yang dikalikan dengan harga, sedangkan profit adalah total omzet dikurangi dengan total biaya yang dikeluarkan.

2. Posisis yang berbeda dalam laporan laba rugi

Pada laporan laba rugi, omzet berada diposisi paling atas sebab masih termasuk penjualan yang kredit maupun piutang, sedangkan profit berada diposisi paling bawah sebab sudah perhitungan murni yang memasukkan total biaya yang dikeluarkan.

3. Fungsi dan manfaat

Omzet berfungsi untuk menunjukan kemampuan usaha Kamu untuk menjual produk dan menentukan strategi penjualan Kamu selanjutnya, sedangkan profit berfungsi sebagai acuan kemampuan usaha Kamu dalam menghasilkan laba untuk menarik perhatian investor

Berdasarkan penjelasan diatas sudah jelas terlihat bahwa antara omzet dan profit itu berbeda sehingga dapat disimpulkan bahwa omzet bukan merupakan profit atau keuntungan yang didapatkan.


Nah setelah tau perbedaan keduanya, kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk anda yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !






23 views1 comment

Recent Posts

See All