Kenapa harus analisis rasio keuangan? Emang apa alasannya?

Mendengar kata analisis rasio keuangan, banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut sangat susah. Namun sejatinya semua hal dapat dipelajari termasuk analisis rasio keuangan. Rasio keuangan sendiri memberikan gambaran menganai analisis kinerja keuangan suatu perusahaan.


Rasio keuangan sendiri memiliki arti yaitu analisis yang menggunakan data di laporan keuangan untuk mengevaluasi kinerja keuangan suatu perusahaan sehingga dari rasio tersebut dapat diketahui kesehatan suatu perusahaan dalam sudut pandang keuangan. Ada beberapa alasan mengapa perlu menganalisis rasio keuangan.

1. Rasio keuangan bersifat komprehensif

Rasio keuangan meliputi berbagai aspek kinerja perusahaan mulai dari likuiditas, efektivitas manajemen, solvabilitas hingga valuasi. Dari rasio keuangan dapat dianalisis secara luas dari berbagai rasio tersebut sehingga dapat melihat dari berbagai sisi.


2. Rasio keuangan mudah dibandingkan

Formula dan hasil rasio yang standar membuatnya mudah digunakan untuk membandingkan kinerja keuangan suatu perperusahaanan dengan perperusahaanan lainnya. Sementara, perbandingan itu penting sekali dalam investasi untuk bisa memilih saham mana yang paling layak dibeli.


3. Informasi rasio keuangan mudah diperoleh

Khusus pada perusahaan terbuka (Tbk) untuk mendapatkan rasio keuangan bukanlah hal yang susah. Pada Burse Efek Indonesia pun telah tersedia laporan keuangan perusahaan yang telah di audit sehingga calon investor dapat memperoleh laporan keuangan dengan mudah.


4. Rasio keuangan mudah dihitung

Sejatinya menghitung rasio keuangan bukanlah hal yang sulit, selama mengetahui rumus dari rasio tersebut angka yang diperoleh dari laporan keuangan dapat dimasukan pada rumus yang telah tersedia, dari situ rasio keuangan akan mudah didapat. Hal ini tentu tidak memerlukan ilmu atau skill yang sangat khusus untuk bisa menghitung rasio. Cukup basic pengetahuan soal laporan keuangan sudah cukup.


Dengan bebagai alasan dari analisis rasio keuangan sangat disayangkan apabila sebeleum memutuskan untuk investasi tidak melakukan analisis rasio keuangan terlebih dahulu. Hal yang dirasa sulit akan terasa mudah jika sudah terlewati, dan untuk melewatinya maka perlu memulainya terlebih dahulu. Semua hal dapat dipelajari termasuk analisis rasio keuangan.

44 views0 comments

Recent Posts

See All