top of page

Kenapa Sih Vendor Harus Dikelola Dengan Baik?



Menjaga relasi dengan supplier secara baik merupakan investasi jangka panjang bagi perkembangan bisnis. Kebanyakan perusahaan berusaha untuk membina hubungan jangka panjang yang kuat dengan supplier. Supaya dapat membentuk sebuah hubungan strategis yang saling menguntungkan. Hal ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kinerja seluruh rantai pasokan, efisiensi biaya dan memajukan perkembangan bisnis.


Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyadari betapa pentingnya mengelola vendor. Tentu ada beberapa alasan mengapa perusahaan membutuhkan manajemen vendor. Pertama tentunya untuk menjalin hubungan dengan vendor. Jika hubungan terjalin dengan baik maka akan terbangun sebuah mitra strategis. Dengan demikian, bisnis kedua belah pihak akan semakin maju dan tumbuh secara bersama-sama.


Saat perusahaan sedang membutuhkan vendor tertentu maka dengan mudah akan mendapatkan kualitas produk maupun jasa yang baik. Jika ada proses negosiasi mengenai harga misalnya, tujuannya bukan hanya untuk mendapatkan harga yang murah. Tetapi lebih kepada nilai dari kerjasama dengan vendor tersebut.


Lalu gimana cara menjaga hubungan baik dengan supplier tersebut ?

1. Bayar tepat waktu


Sama halnya dengan kamu yang ingin perputaran arus kas bisnismu berjalan lancar, supplier juga menginginkan hal serupa. Untuk itu, kamu harus dapat menjaga kewajibanmu dalam melakukan proses pembayaran secara tepat waktu ke supplier.


Dengan membayar tepat waktu, secara otomatis kamu juga membuat proses bisnismu menjadi lancar. Sebab supplier pasti akan segera mengirimkan bahan mentahnya ke bisnismu dengan tepat waktu pula.


2. Pahami kebijakan supplier


Dengan memahami kebijakan supplier, kamu akan dapat mengetahui secara pasti bagaimana cara supplier menangani setiap proses dan masalah yang akan terjadi nantinya. Setiap kerja sama bisnis, tidak semua hal dapat berjalan sesuai yang kamu harapkan, kan? Selalu ada risiko dari setiap keputusan yang kamu buat. Untuk itu kamu perlu memastikan kebijakan yang supplier tetapkan untuk mengurangi risiko tersebut dan menjadikannya win-win solution.


3. Jaga komunikasi


Kunci utama dari menjalin relasi dengan supplier adalah menjaga komunikasi. Dengan menjaga komunikasi, kamu juga sekaligus meningkatkan efisiensi bisnismu. Sebab kamu jadi tahu kabar terbaru dari supplier atau bahkan dapat berdiskusi untuk tukar pikiran mengenai bahan mentah produkmu. Lebih dari itu, terkadang supplier juga bisa memberikan feedback untuk perjalanan bisnismu ke depan.


4. Jadilah konsumen yang baik


Kamu bukanlah konsumen satu-satunya. Itulah hal pertama yang harus kamu pahami ketika mulai menjalin hubungan dengan supplier. Akan ada antrian yang selalu kamu hadapi sebelum tiba saatnya supplier melayani kebutuhanmu. Jadilah konsumen yang baik dengan sabar menunggu giliran dan selalu menghargai kerja dari supplier.


Bingung bagaimana belajar dan kelola keuangan perusahaan itu biasa terjadi, namun sudah tahu solusinya belum?


Ribuan pengusaha telah mengerti dan paham keungan perusahaan dengan penjelasan ringkas dan padat oleh Coach Yuszak M Yahya dan kini hadir program Onine Business Finance Mentoring bersama beliau menjadikan wadah bagi Anda untuk semakin mudah belajar keuangan perusahaan. Link registrasi di www.ilmukeuangan.com/mentoring2





16 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page