Langkah Awal Dalam Membangun Bisnis Online




Pandemi telah berlalu dan kegiatan ekonomi telah kembali pulih. Hal ini berdampak postif bagi kamu yang ingin mulai berbisnis. Namun dalam membangun sebuah bisnis online tentunya kita harus rencanakan secara matang dan benar, lalu pa ya langkah yang perlu dilakukan ? berikut langkah awal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis online ;


1. Buat Struktur Bisnis

Langkah pertama yang harus diambil ketika memulai bisnis online atau bisnis apapun adalah memutuskan struktur bisnis. Dengan adanya struktur bisnis, bisnismu akan lebih terorganisir dan semua tahu apa tugas mereka. Atau jika kamu memang ingin membuat bisnis kecil sendiri, kamu harus mengorganisir segala halnya sendiri.


2. Tentukan Barang atau Jasa yang Ditawarkan

Bagaimana cara menentukan barang atau jasa yang akan tokomu tawarkan? Kamu bisa pertimbangkan hobi dan kesukaanmu. Pilih barang atau jasa yang benar-benar kamu tekuni dan tertarik di bidang tersebut.


3. Tentukan Nama Toko

Langkah awal bisnis online selanjutnya adalah memilih nama toko. Untuk memilih nama yang tepat untuk bisnis kamu sangatlah penting, jadi jangan sampai diburu-buru. Pilihlah nama terbaik yang mencerminkan bisnis kamu.

Setelah kamu sudah mendapatkan nama toko, kamu bisa langsung search di Google nama tersebut untuk memastikan nama itu belum diambil toko lain sehingga meminimalisir adanya pembeli yang bingung.


4. Ketahui Target Market

Mengetahui target market adalah hal terpenting dalam bisnis. Ketahui keinginan dan kebutuhan mereka dan cari tahu bagaimana cara menjangkau mereka, seperti dari sosial media atau e-mail. Semakin baik kamu mengenal target pasarmu, semakin sukses pula bisnismu!


5. Beli Domain

Nama domain adalah nama unik yang digunakan sebagai alamat di internet. Banyak yang sudah menyediakan layanan registrasi nama domain, dan prosesnya sangat mudah. Harga pun beragam mulai dari murah hingga sangat mahal. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun di situs web yang menawarkan layanan, mencari domain yang ingin kamu daftarkan dan kemudian membayar biaya tahunannya.

Jika kamu tidak ingin membeli domain, kamu juga bisa berjualan di e-commerce seperti Tokopedia. Lebih mudah dan gratis!


6. Atur Keuangan Anda

Untuk memulai bisnis online Anda harus membuka rekening khusus untuk bisnis. Hal ini diperlukan untuk memisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis agar tidak ada kekeliruan dan untuk lebih mudah menghitung pada saat tutup buku.


7. Tokomu Siap Dibuka!

Jika kamu sudah berhasil melakukan 6 langkah di atas, tokomu siap dibuka! Yang kamu perlu lakukan adalah kerja keras. Tidak ada bisnis sukses yang dibuat dengan mudah, semua butuh kerja keras dan ketekunan.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!






22 views1 comment

Recent Posts

See All