top of page

Penghambat Scale Up, Apa ya?



Begitu banyak pebisnis menginginkan SCALE UP dengan harapan omset berlipat, memberanikan diri, tapi malah gagal karena terkena jebakan pada saat scale up. Apalagi yang untuk sebuah bisnis kecil atau start up, scale up menjadi sebuah hal yang penting.


Namun pada praktiknya, scale up mempunya banyak sekali hambatan. Dan hambatan dalam scale up ini biasanya datang dari dalam perusahaan itu sendiri, meski begitu, ada juga yang memang datang dari luar perusahaan. Nah ada apa aja sih ?


1. Terlalu Fokus Pada Produk Dan Mengabaikan Manajemen Perusahaan

Scale up bisa gagal jika pemilik bisnis hanya fokus pada meningkatkan kualitas produk. Padahal ketika sebuah bisnis melakukan scale up, bukan hanya produk yang harus dibenahi. Manajemen perusahaan juga perlu ditingkatkan. Alasannya, jumlah karyawan mungkin bertambah dan sistem yang dibangun kemungkinan menjadi lebih kompleks.


2. Perpecahan internal

Scale up juga biasanya gagal terjadi jika pemilik bisnis berseteru, misalnya founder dan co-founder, atau antara pemilik bisnis dan tim. Padahal konflik internal ini akan menghancurkan sebuah bisnis kecil yang akan scale up.


3. Produk Dan Market Belum Sesuai

Banyak pebisnis yang merasa jika bisnisnya sudah memiliki penjualan yang stabil dan ada repeat order mereka bisa langsung scale up. Padahal semua hal itu baru asumsi si pemilik bisnis. Asumsi ini belum tervalidasi, dalam artian belum ada data yang utuh tentang hal itu. Bisa jadi apa produk yang dianggap laku oleh pemilik bisnis ini sebetulnya hanya laku pada segmen pasar tertentu, dan justru tidak laku jika pasarnya diperluas.


4. Keuangan

Mustahil membesarkan bisnis jika pemilik bisnis tidak cakap mengelola keuangan perusahaan. Ketika pelaku bisnis sedang melakukan scale up, pasti akan melakukan kegiatan-kegiatan pengembangan seperti ekspansi lokasi baru, buka cabang baru, menambah karyawan baru, dan sebagainya. Nah untuk memenuhi ini semua cash flow-nya harus dipersiapkan.


5. Pajak dan Hukum

Bisnis ownee yang ingin scale up sangat perlu memperhatikan pajak dan legalitasnya. Jangan sampai mengabaikan ini dan berujung nantinya dikenai sanksi , atau bahkan bisa berujung ke pencabutan izin usaha.


Nah buat temen temen yang ingin scale up tapi takut terjebak dan gak mengerti tentang hukum, pajak, dan keuangan nih! Ilmu keuangan punya workshop yang bisa bantu kamu buat hajar tuntas 3 masalah tersebut. Para Pembicaranya juga praktisi Bisnis yang juga expert di bidangnya masing - masing loh. Yuk daftarkan dirimu di www.scaleuptrap.com





35 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page