Pentingkah Dana Darurat ?




Pengelolaan uang yang baik sangat penting untuk bertahan di masa sulit seperti saat pandemi, salah satunya penyisihan dana darurat. Dana darurat adalah sejumlah dana yang sengaja disiapkan dalam pos keuangan sebagai antisipasi pengeluaran yang tak terduga. Alokasi dana darurat harus diperhitungkan dengan matang agar siap menghadapi segala kemungkinan di masa mendatang.


Namun berdasarkan survei yang dilakukan konsultan riset Nielsen IQ bersama dengan OCBC NISP mengungkap hanya 16 persen responden dari kalangan muda yang memiliki dana darurat. Selain itu, kemampuan masyarakat dalam memiliki dana darurat sejalan dengan penghasilan. Artinya, golongan muda dengan penghasilan lebih tinggi cenderung memiliki dana darurat.


Padahal dana darurat sangat penting lho untuk disiapkan, berikut ini manfaat memiliki dana darurat:

1. Menjadi dana cadangan apabila kehilangan pekerjaan

Dana darurat juga bisa menjadi dana cadangan apabila kehilangan pekerjaan.

2. Biaya berobat dadakan saat jatuh sakit

Biaya rumah sakit pada kondisi mendadak bisa di atasi dengan menggunakan dana darurat. Selain itu, akan lebih baik jika memiliki proteksi berupa asuransi kesehatan yang tepat agar lebih terjamin saat jatuh sakit.

3. Biaya perbaikan aset pribadi

Ada kalanya musibah juga terjadi pada barang-barang atau aset pribadi sehingga perlu diperbaiki, misalnya handphone, mobil, atau rumah. Dana darurat dapat untuk memperbaiki barang atau aset pribadi tersebut sesegera mungkin.

4. Menutup kerugian bisnis yang menurun akibat pandemi

Ketidakpastian ekonomi akibat pandemi membuat banyak bisnis dan perusahaan mengalami kerugian. Dana darurat dapat menjadi solusi menutup kerugian usaha sehingga keuangan perusahaan tetap aman dan terjaga.

5. Menghindari lilitan utang

Saat memiliki kebutuhan yang mendesak, berhutang seringkali jadi opsi yang diambil. Padahal, hutang hanya memindahkan masalah saat ini ke masa mendatang.

6. Pengaman untuk menghadapi berbagai kejadian tidak terduga

Pandemi menjadi contoh kejadian yang tidak menentu. Dana darurat berperan sebagai pengaman dalam menghadapi berbagai kejadian tidak terduga, sehingga bisa lebih siap dengan situasi yang memerlukan dana atau kebutuhan mendadak.

Nah sekarang tahu kan seberapa pentingnya dana darurat. Oleh karena itu mari mulai persiapkan dana darurat untuk melindungi diri dan keluarga dari pengeluaran yang tidak terduga!


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




12 views0 comments

Recent Posts

See All