Pentingkah menghitung valuasi bisnis?





Apakah Anda memiliki bisnis? Atau Anda sedang mengembangkan perusahaan start-up? Tentu dalam bisnis, Anda sering mendengar istilah valuasi dan profit. Jadi, mana yang lebih penting, valuasi atau keuntungan perusahaan?


Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu menginginkan keuntungan. Agar menguntungkan, produk harus berkualitas baik. Namun perlu diperhatikan bahwa selain produk, kewirausahaan memiliki banyak aspek yang perlu diperhatikan. Sama pentingnya dengan menghitung valuasi bisnis. Kami menyarankan Anda memeriksa penjelasan di bawah ini.


Perbedaan Valuasi Bisnis dan Profit Bisnis


Secara umum pengertian valuasi adalah proses menilai barang atau jasa dalam mata uang nominal dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang relevan. Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (World Intellectual Property Organization/WIPO) mengartikan valuasi adalah proses mengidentifikasi dan mengukur manfaat finansial dari suatu aset.


Sedangkan profit bisnis adalah keuntungan yang diperoleh dari bisnis yang Anda jalani. Profit berbeda dengan omzet. Jika omzet disebut laba kotor, maka profit adalah laba bersih.


Apabila hasil penjualan tersebut telah dikurangi dengan beban pokok penjualan (HPP) dan biaya operasional lainnya, maka dapat dikatakan laba.


Dikisahkan oleh Chief Technology Officer (CTO) GDP Ventures On Lee bahwa Bill Gates yang merupakan founder Microsoft dalam membangun usahanya, tidak hanya memberikan produk terbaik tetapi juga berhasil dalam mebangun perusahaan. Oleh karena itu, Microsoft mampu membuat Bill Gates memiliki banyak keuntungan.


Setelah mengamati contoh Bill Gates membangun perusahaan, apakah Anda punya ide? Jadi, mana yang lebih penting untuk menghitung penilaian bisnis atau menghitung keuntungan?


Pentingnya Kombinasi Antara Valuasi Bisnis dan Profit Bisnis


Menurut On Lee, jangan hanya menghasilkan produk yang bagus untuk perusahaan. Yang lebih penting adalah menciptakan produk yang konsumen memiliki keuntungan untuk dibeli atau dibayar.


Inilah salah satu rahasia kesuksesan sebuah perusahaan besar yang tidak hanya eksis tapi juga memiliki pelanggan setia. Kombinasi penilaian perusahaan dan perhitungan laba akan membuat perusahaan kuat. Keduanya saling terkait.


Untuk memperoleh laba yang besar dan berkelanjutan, valuasi perusahaan harus tinggi. Semua aspek perusahaan harus diperhatikan agar menghasilkan penilaian yang baik.


Ingat, banyak start-up atau startup di Silicon Valley bisa tumbuh menjadi perusahaan besar. Salah satu alasannya adalah karena mereka selalu berkembang bersama masyarakat.


Valuasi dan Profit, Sama Pentingnya


Lingkungan masyarakat akan selalu berubah. Oleh karena itu, jika perusahaan ingin tetap eksis, perusahaan juga perlu berubah. Inovasi tidak hanya berhenti pada hal-hal kecil, tetapi juga perlu dilakukan di luar linearitas perusahaan.


Dalam membangun sebuah bisnis, banyak hal yang harus diperhatikan. Jangan selalu fokus pada keuntungan dan mengabaikan aspek bisnis lainnya. Jika orang lain tidak diperhatikan, maka sistemnya akan buruk dan dapat mempengaruhi keuntungan bisnis Anda.


Keduanya penting untuk pengembangan bisnis. Selalu perhatikan valuasi bisnis agar bisa meningkatkan keuntungan bisnis. Selain itu, sangat penting bagi konsumen untuk merasakan manfaat dari produk yang mereka jual.


Oleh karena itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk, sementara pelanggan mendapatkan keuntungan dari nilai kegunaan dan keunggulan produk yang ditawarkan. Pahami pentingnya valuasi bisnis dan profit, ya.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan.

Dapatkan harga khusus hari ini.




33 views0 comments

Recent Posts

See All