Pentingnya menghitung COGS?




Pebisnis pasti udah gak asing lagi sama istilah COGS atau HPP. Cost of Goods Sold (COGS) atau Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah keseluruhan biaya langsung yang dikeluarkan untuk mendapatkan produk atau jasa yang dijual.


Lebih sederhana lagi, COGS yang adalah harga pokok penjualan (HPP) merupakan biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi produk dan jasa yang bisa dihubungkan secara langsung dengan aktivitas membuat barang atau jasa yang siap jual. Setiap bisnis perlu melacak dan memahami harga pokok penjualan. Yuk Simak Penjelasannya!


Biaya apa saja yang perlu dihitung dan dimasukan ke dalam COGS ?

1. Biaya Langsung

biaya yang berkaitan dengan produksi atau pembelian produk.

2. Biaya Tidak Langsung

biaya yang berkaitan dengan pergudangan, fasilitas, peralatan, dan tenaga kerja. Dengan kata lain biaya yang mampu mempengaruhi COGS secara tidak langsung.


Namun, yang paling sering adalah sebagai berikut:

a. Biaya Sewa/rental cost Depresiasi Mesin dan Peralatan.

b. Penyusutan Gedung Pabrik.

c. Biaya Listrik dan Air pabrik atau Factory’s Utilities

d. Biaya Pemeliharaan Pabrik dan mesin (Maintenance)

e. Biaya Pengemasan (Packaging)

f. Gudang

g. Sampel produksi (Preproduction sampling)

h. Biaya/Ongkos kirim Kontainer (Continer)


Cara Menghitung COGS

Rumus dasar dalam menghitung COGS adalah:

Inventori Awal (di awal tahun)

(+) Pembelian dan Biaya Lainnya

(-) Dikurangi Persediaan akhir (di akhir tahun)

Harga Pokok Penjualan.


Perhitungan dan penyusunan harga pokok merupakan suatu hal yang penting, agar pemilik bisnis tidak merugi, menentukan harga suatu barang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.


Banyak pelaku bisnis pemula yang menentukan harga jual tanpa tahu berapa sebenarnya Harga Pokok Penjualan (HPP) dari produk yang dijual sehingga harga yang ditetapkan terlalu rendah dan keuntungan yang didapat dirasa tidak sesuai dengan besarnya biaya produksi dan upaya yang dikerahkan dalam proses pembuatannya. Atau, mungkin harga yang ditetapkan terlalu tinggi dibandingkan sehingga produk yang terjual sangat sedikit dan akhirnya kalah bersaing dengan bisnis lain di industri yang sama.


Selain itu menghitung COGS ini digunakan membantu manajemen dan investor dalam memantau kinerja bisnis.


ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



23 views0 comments

Recent Posts

See All