Rasio Keuangan Emang Banyak ya?




Rasio keuangan adalah salah satu metode analisa keuangan yang digunakan sebagai indikator penilaian perkembangan perusahaan, dengan mengambil data dari laporan keuangan selama periode akuntansi. Sehingga dapat diketahui kinerja maksimum keuangan perusahaan. Rasio keuangan menawarkan cara untuk mengevaluasi kinerja perusahaan mereka dan membandingkannya dengan bisnis serupa lainnya di industri mereka.


Selain itu, rasio ini seringkali digunakan oleh manajemen perusahaan untuk pengambilan keputusan terkait penyelamatan aset perusahaan sehingga tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Rasio keuangan dibuat dengan mengukur hubungan antara dua atau lebih komponen laporan keuangan untuk mendapatkan informasi yang berarti tentang perusahaan.

Rasio keuangan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Rasio laba (Profitability ratio)

Rasio profitabilitas mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan relatif terhadap pendapatan, aset neraca, biaya operasi, dan ekuitas.

  1. Rasio hutang jangka pendek (Liquidity ratio)

Rasio likuiditas adalah rasio keuangan yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar kembali kewajiban jangka pendek dan jangka panjang.

  1. Rasio hutang (Solvency ratio)

Metode untuk menganalisa kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang jangka panjang, dan jangka pendek. Kemampuan tersebut sangat penting sebagai bahan pertimbangan para investor untuk menanamkan modalnya.

  1. Rasio aktivitas (Activity ratio)

Setiap perusahaan tentunya memiliki aktiva yang dapat digunakan dalam proses produksi. Oleh sebab itu, adanya analisis aktivitas untuk menganalisa kemampuan perusahaan dalam mengoptimalkan aktiva yang dimilikinya guna menghasilkan laba. Dengan demikian, dapat mengetahui efektivitas aktiva yang digunakan.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!





24 views2 comments

Recent Posts

See All