4 Masalah Bisnis yang Sering Terjadi & Solusinya




Selama menjalankankan bisnis, pastinya kita akan bertemu dengan beberapa masalah. Dan saat kita menghadapi masalah tersebut terkadang kita bingung bagaimana cara mengatasinya.


Nah berikut ini Ilmu Keuangan akan membahas masalah- masalah yang sering terjadi di dunia bisnis, Yuk simak selengkapnya !

1) Sulit Melacak Keuntungan dan Kerugian

Masalah yang sering ditemukan adalah tidak terukurnya performa bisnis. Pebisnis tidak mengetahui apakah untung atau rugi. Bisa jadi uang yang didapat dari bisnis lebih banyak digunakan untuk keperluan pribadi sehingga tidak cukup jika digunakan belanja modal lagi atau tidak mampu membayar operasional usaha. Dan berujung pada tutup karena gulung tikar.


SOLUSI:

Kamu harus bisa memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Sehingga lebih mudah melihat dan menganalisa apakah perusahaan kita untung atau malah rugi. Selain itu kamu bisa menggunakan sistem POS yang mengotomatisasi proses bisnis kamu. Sehingga kamu bisa melihat kondisi perusahaan anda kapan pun dan dimana pun . Jangan lupa untuk membuat laporan keuangan lengkap mulai dari neraca, arus kas, perubahan modal, laba-rugi, pembelian-penjualan, hingga laporan stok barang secara komplit. Jadi tidak ada lagi kesulitan untuk menilai performa bisnis Kamu.


2) Tidak Adanya Mentor

Masalah selanjutnya adalah tidak adanya mento. Apabila kamu mengenal seseorang yang telah sukses membangun bisnisnya, tidak ada salahnya untuk menjadikan orang tersebut menjadi mentor bisnismu. Pertanyaanya mengapa mentor menjadi penting? Karena belajar dari seorang mentor yang terjun langsung di bidang tertentu dengan belajar melalui buku akan mendatangkan hasil yang berbeda.


SOLUSI

Memiliki mentor bisa dibilang sangat penting. Karena jika kamu memiliki mentor secara langsung, kamu bisa langsung berdiskusi terkait rencana bisnismu dan juga masalah apa yang sedang kamu hadapi. Begitu banyak bisnis yang gagal hanya karena sang pemilik bisnis enggan untuk belajar dari para mentor. Hal ini bagus untuk mencegah masalah keuangan UMKM melanda bisnismu



3) Strategi Pemasaran Kurang

Salah satu kesalahan sederhana yang ternyata mendatangkan masalah bagi UMKM adalah kurangnya melakukan strategi pemasaran. Sebagus apapun kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkan, apabila kamu kurang melakukan pemasaran maka calon pelanggan tidak akan mengetahui keberadaan bisnismu.


SOLUSI

Membuat strategi pemasaran perlu diperhatikan supaya banyak orang mengenal peroduk/jasa yang kamu jual. Biasakan untuk membuat perencanaan sebelum melakukan pemasaran, karena hal ini akan membantu kamu untuk menjual produk ke orang yang tepat.


4) Pencatatan transaksi yang konvensional

Di jaman serba canggih seperti sekarang, sudah bukan lagi waktunya untuk melakukan pembukuan di buku besar yang digaris-garis hingga membentuk table. Selain memakan waktu yang banyak, pembukuan konvensional ini rentan terjadi selip atau kesalahan dan juga kamu pasti akan kesulitan untuk melihat pencatatan dari tahun yang sudah lama berlalu


SOLUSI

Mulailah untuk membuat pembukuan dengan menggunakan teknologi yang sudah ada minimal excel atau sistem pos atau sistem lainnya. Salah satu kelebihan dari fitur kasir elektronik adalah kamu tidak perlu susah-susah menyusun laporan keuangan sendiri, karena berbagai laporan sudah tersedia di kasir elektronik tersebut.


Itu semua adalah contoh masalah yang sering kita jumpai ketika berbisnis. Akan masih banyak lagi masalah-masalah yang timbul ketika kita menjalankan sebuah bisnis terutama masalah keuangan.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




375 views0 comments

Recent Posts

See All