Alasan Pentingnya Financial Check Up




Tahun 2021 akan segera berakhir, segala aktivitas di bisnis anda akan menjadi suatu pengalaman yang akan berguna untuk tahun berikutnya. Apalagi adanya pandemi dan kebijakan selama pandemi yang membuat kondisi ekonomi naik turun Sehingga para pebisnis pastinya sangat ingin mendongkrak agar keuntungan bisnis bisa meningkat di tahun depan.


Akhir tahun merupakan momentum tepat untuk melakukan evaluasi besar-besaran terhadap bisnis kamu agar kamu mengetahui bagaimana kondisi perusahaan dan apa yang perlu dievaluasi supaya tahun depan lebih baik dari tahun ini. Salah satunya yaitu dengan melakukan financial check up.


Berikut ini adalah beberapa alasan perlunya melakukan Financial Check Up untuk bisnis kamu.

1. Untuk mengetahui apakah bisnis kamu bangkrut atau surplus

Financial check up dapat membantu kamu melihat apakah bisnis kamu dalam kedaan baik atau tidak. Apalagi adanya pandemic saat ini yang menyebabkan perkonomian merosot. Untuk itu financial check up diperlukan untuk melihat bagaimana kondisi perusahaan supaya kamu bisa merancang strategi apa yang digunakan untuk memperbaiki kondisi perusahaan.


2. Untuk mengetahui pertumbuhan usaha

Dari kondisi cash flow yang kita dapatkan dipoin satu, tentu kita akan mengetahui bagaimana pertumbuhan usaha kita. Pernahkan anda merasa banyak orderan atau proyek pekerjaan tetapi profit tidak terasa? Nah, melalui financial check up ini, ketidaksesuaian tersebut bisa dianalisa apa penyebabnya dan bagaimana mengantisipasinya dengan melihat rasio keuangan perusahaan.


3. Untuk mengetahui pertumbuhan asset

Aset terutama aset lancer juga perlu dilihat apakah menguntungkan atau merugikan. Jika aset tersebut menguntungkan maka kamu bisa pertahankan. Namun jika tidak kamu bisa pertimbangkan untuk melepaskan daripada merugikan bisnis kamu.


4. Untuk membantu pengambilan keputusan

Ketika mengetahui rasio keuangan, tentu akan membantu manajemen perusahaan contohnya dalam mengambil keputusan saat membuat strategi operasional.


5. Supaya lebih bijak dalam menggunakan uang perusahaan

Terkadang kita suka tidak sadar dalam mengeluarkan uang, terutama saat pengeluaran yang terasa kecil. Padahal menurut Benjamin Franklin, pengeluaran kecil yang tidak tercatat bisa menjadi boomerang atau menenggelamkan kapal besar. Financial Check Up ini akan membantu pemimpin usaha untuk mengetahui bagaimana penggunaan dan kondisi cash flow yang dimiliki. Pencataan yang benar akan membantu dalam memangkas pengeluaran yang tidak perlu.


6. Untuk mempersiapkan keuangan masa depan

Memang sih, enggak ada yang bisa memprediksi masa depan. Tetapi, dengan melakukan financial check up, kita jadi bisa tahu bagaimana kondisi keuangan di masa depan. Sehingga Kalau misalnya kondisinya memburuk seperti pada saat awal pandemi, jika kita sudah melakukan financial check up, kita akan jadi tahu, seberapa berat “masa-masa kegelapan” itu harus dilalui, dan kemudian bisa bersiap dengan lebih baik. Serta kita akan tahu, seberapa lama kita bisa bertahan, meskipun tanpa penghasilan, dan kemudian mencari solusi yang paling baik untuk mengatasi keadaan ini.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




59 views0 comments

Recent Posts

See All