Amortasi & Depresiasi Beda/Sama?




Dalam dunia akuntansi bisnis, amortisasi dan depresiasi adalah dua istilah yang perannya cukup penting bagi perusahaan. Depresiasi dan amortisasi merupakan proses akuntansi yang sama-sama menimbulkan efek penyusutan terhadap nilai aset. Lalu apa sih perbedaan keduanya ? Perbedaan depresiasi dan amortisasi terletak pada jenis aktivanya. Nah sebelum itu, kita harus mengenal dulu nih ada apa saja sih aktiva itu ?

Pengelompokan aktiva berdasarkan wujudnya terbagi menjadi dua, yakni aktiva berwujud (disebut juga aktiva tetap) dan aktiva tidak berwujud (disebut juga aktiva tetap tidak berwujud).


Aktiva Berwujud

Aktiva ini mempunyai bentuk fisik yang dapat diamati seperti tanah, bangunan, kendaraan, furnitur, dan sebagainya.


Aktiva Tidak Berwujud

Sebaliknya, aktiva ini tidak mempunyai bentuk fisik. Aktiva tidak berwujud merupakan hak istimewa dan memiliki nilai tertentu. Beberapa contoh aktiva tidak berwujud adalah goodwill, hak paten, hak cipta, merek dagang, hak sewa, dan franchise.


Lalu apa itu Depresiasi dan Amortisasi ?

Depresiasi adalah pengalokasian biaya penyusutan terhadap aktiva berwujud selama periode tertentu. Adapun periode tertentu yang dimaksud adalah rentang waktu yang diharapkan atas pemanfaatan aktiva tersebut.


Hal ini perlu dilakukan karena pada dasarnya nilai aktiva berwujud mengalami fluktuasi ketika dibeli dan ketika dijual atau tidak lagi digunakan. Penghitungan depresiasi akan berpengaruh terhadap laporan keuangan, termasuk di antaranya adalah penghasilan kena pajak suatu perusahaan.


Amortisasi adalah penyusutan nilai aset tetap tidak berwujud selama periode tertentu (masa ekonomisnya) tanpa adanya nilai residu. Jika aktiva tidak berwujud mempunyai masa ekonomis yang tidak terbatas, maka amortisasi tidak perlu dilakukan.


Seperti contoh, perusahaan Anda berhasil mendapatkan hak paten atas penciptaan sebuah aplikasi.


Depresiasi dan amortisasi merupakan dua istilah akuntansi yang merujuk pada penyusutan nilai suatu aset. Adapun perbedaan mendasar antara depresiasi dan amortisasi terletak pada jenis aktivanya, yakni aktiva berwujud untuk depresiasi dan aktiva tidak berwujud pada amortisasi.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!







13 views0 comments

Recent Posts

See All