top of page

Apa! Akun Ini Perlu Ditutup??



Akun ada yang perlu ditutup ? Hah apa itu ? Akun apa aja ya ? Nah Untuk bisa memahami tentang konsep jurnal penutup, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan akun sementara dan akun permanen.


Akun sementara (temporary accounts) adalah akun-akun yang bertujuan untuk menunjukkan besar keuntungan yang dihasilkan serta aktivitas apa saja yang dilakukan selama satu periode akuntansi. Akun sementara perlu ditutup agar saldonya tidak tercampur dengan saldo pada periode akuntansi berikutnya.


Berdasarkan penjelasan sebelumnya, telah disebutkan bahwa akun-akun yang memerlukan jurnal penutup adalah akun-akun sementara, nah berikut ini minke kasih tau ya !


● Akun Pendapatan

Nah sesuai namanya, akun ini berfungsi untuk mencatat besar pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Secara umum, pendapatan dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori, yakni pendapatan dari penjualan barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan, dan pendapatan yang tidak berkaitan dengan jenis usaha yang dilakukan oleh perusahaan, misalnya pendapatan bunga.


● Akun Beban atau Biaya

Akun beban atau biaya terdiri dari pos-pos pengeluaran yang diperlukan untuk operasional perusahaan.

Umumnya, beban juga dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, beban administrasi yang meliputi pengeluaran perusahaan untuk keperluan administrasi, seperti pembelian alat tulis dan biaya listrik kantor.


Kedua, beban biaya operasional yang meliputi pengeluaran perusahaan untuk aktivitas operasional produksi barang atau jasa, misalnya biaya gaji buruh, biaya ekspedisi, dan sebagainya.


Ikhtisar Laba Rugi (Income Summary)

Income Summary atau ikhtisar laba rugi adalah akun sementara yang digunakan untuk menutup akun pendapatan dan beban. Akun ini nantinya akan dihilangkan pada laporan keuangan.

● Dividen

Apabila perusahaan mencatat adanya pembagian dividen bagi para pemegang saham, maka atas dividen tersebut perlu dibuat jurnal penutup. Alasannya adalah karena nantinya akun ini akan menjadi bagian dari akun ekuitas pada laporan posisi keuangan.


● Prive

Sama halnya dengan dividen, apabila owner mengambil sejumlah uang perusahaan untuk membiayai keperluan pribadi, maka atas jumlah tersebut perlu dibuat jurnal penutup. Karena akun prive akan menjadi bagian dari akun ekuitas pada laporan posisi keuangan.


Nah untuk selengkapnya kalian bisa download e-Book Business Trends and Predictions Ilmu Keuangan di web Ilmukeuangan.com. Dan untuk menambah networking bisnis kalian bisa ikut Smart Financial Map, Dimana disana kamu bisa bertemu dengan banyak pebisnis dari seluruh Indonesia. Langsung daftarkan dirimu di Smartfinancialmap.com



Belajar Keuangan Bisnis ? Ya di Ilmu Keuangan !





26 views0 comments

Comments


bottom of page