Apa Itu Konsolidasi ?



Konsolidasi adalah pembubaran dua atau lebih perusahaan serta menggantinya dengan sebuah perusahaan yang baru. Untuk memutuskan bergabung dengan perusahaan lain bukan¬lah perkara yang mudah. Keputusan bergabung diambil karena suatu alasan yang sangat kuat. Berikut ini beberapa alasan dilakukannya konsolidasi :

1. Masalah Kesehatan

Apabila auatu perusahaan sudah diperkirakan tidak seha, setelah melalui beberapa

Perbaikan sebelumnya, maka sebaiknya perusahaan tersebut melakukan penggabungan. Pilihan Penggabungan tentunya dengan perusahaan yang sehat.

2. Masalah Permodalan

Apabila modal suatu perusahaan dirasakan kecil sehingga sulit untuk melakukan perluasan usaha, Maka perusahaan tersebut dapat bergabung dengan satu atau beberapa perusahaan sehingga modal dimiliki menjadi besar. Sebagai contoh Bank Maras hanva memiliki modal 5 milyar dengan 12 buah cabang Bergabung dengan Bank Mangkol yang memiliki modal 10 milyar clan memiliki 20 cabang. Gabungan kedua bank tersebut sekarang memiliki modal 15 milyar dan 32 cabang.Dengan Adanya penggabungan atau usaha peleburan otomatis lebih mudah untuk mengembangkan Usahanya.

3. Masalah Manajemen

Manajemen perusahaan yang buruk atau kurang profesional dapt menyebabkan perusahaan terus Merugi dan sulit untuk berkembang.

4. Teknologi dan Administrasi.

Perusahan yang menggunakan teknologi yang masih tradisioal sangat mungkin terjadi masalah.Dalam Perkembangan yang sedemikian cepat diperlukan teknologi yang canggih.Untuk memperoleh Teknologi yang canggih diperlukan modal yang tidak sedikit. Jaian keluar yang dipilih adalah Melakukan penggabungan dengan perusahaan yang sudah memiliki teknologi yang canggih.

5. Ingin Menguasai Pasar.

Tujuan ingin menguasai pasar tidak diumumkan secara jelas kepada pihak luar dan biasanya

Hanya diketahui oleh mereka yang hendak ikut bergabung.Dengan adanya penggabungan dari Beberapa perusahaan, maka jumlah cabang dan jumlah nasabah yang dimiliki bertambah.Tujuan ini Juga dilakukan untuk menghilangkan atau melawan pesaing yang ada.


Konsolidasi pada prinsipnya merupakan penggabungan dari beberapa elemen untuk bersama-sama secara terpadu dalam satu kesatuan mewujudkan satu tujuan yang sama. Secara umum konsolidasi lebih banyak digunakan untuk tujuan bisnis, bukan untuk kalangan masyarakat luas.


Demikian penjelasan mengenai apa itu konsolidasi, semoga bermanfaat !!! Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




24 views0 comments

Recent Posts

See All