Apa sih manfaat Rasio Liquiditas?



Rasio likuiditas merupakan rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban atau membayar utang jangka pendeknya. Rasio inilah yang digunakan untuk melakukan pengukuran dari seberapa likuidnya sebuah perusahaan.


Apabila perusahaan mampu memenuhi kewajiban yang dimiliki, maka perusahaan tersebut likuid. Setiap perusahaan harus bisa memenuhi kewajiban keuangan mereka yang harus dipenuhi.


Oleh kerana itu, setiap perusahaan harus memahami rasio likuiditas dalam laporan keuangan yang terdiri dari beberapa jenis yaitu rasio lancar (current ratio), rasio cepat (quick ratio), dan rasio kas (cash ratio).


Lalu, apa saja ya manfaat dari rasio liquiditas ini ?

1. Dapat mengantisipasi dana yang diperlukan saat muncul kebutuhan yang mendesak

2. Dapat mempermudah para nasabah yang ingin melakukan penarikan dana

3. Menjadi poin penentu bagi sebuah perusahaan untuk mendapatkan persetujuan investasi atau bisnis lain yang menjanjikan


Sehingga apabila bisnis owner dapat memperoleh gambaran finansial perusahaan. Harapannya dengan memahami rasio likuiditas ini, perusahaan dapat membuat analisis terhadap utang dan aset yang dimilikinya.

ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




13 views0 comments

Recent Posts

See All