Apa sih POS itu ?


Kalian tau gak sih apa itu POS ? Jadi POS atau Point of Sales bisa dikatakan sebagai suatu sistem untuk merekam data suatu bisnis agar tertata rapih sehingga memudahkan pebisnis untuk mencatat transaksi bisnisnya. Selain itu POS atau Point of sales adalah tempat pembayaran para pelanggan dalam membeli sebuah produk. Biasanya disebut juga sebagai mesin kasir. Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur POS bertambah. Saat ini POS bukan hanya sekadar mesin kasir lagi,namun POS juga dapat menjadi tempat penyimpanan data customer, menghitung laba dan rugi, bahkan untuk merekap laporan penjualan.


POS juga telah memanfaatkan internet dengan fitur-fitur yang sangat membantu para pemilik usaha. Memiliki POS juga semakin mudah, karena bisnis owner tidak perlu membeli alat khusus atau mesin kasir yang mahal. Hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet, kita sudah bisa membangun sistem POS sendiri untuk bisnismu.


Lalu, penting gak sih sitem POS ?

Jawabannya penting karena POS memudahkan bisnis owner dalam menjalankan bisnisnya. Sistem POS sangat membantu kegiatan pencatatan operasional bisnis. Dengan adanya POS semua pencatatan mulai dari stok, report, sampai catatan transaksi per harinya dapat dapat terorganisir dengan baik dan cepat. Dengan menggunakan sistem POS kita dapat menyimpan harga barang, melakukan pencatatan pendapatan, pengeluaran, dan laba, dapat mencatat secara otomatis barang yang masuk dan keluar, dan juga menghemat budget karena sistem POS dapat dikerjakan sendiri. Selain itu, dengan adanya sistem POS, suatu toko tidak akan terpaku lagi dengan satu metode pembayaran saja. Hal ini akan membuat para pelanggan merasa lebih fleksibel untuk menggunakan berbagai cara pembayaran.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




25 views0 comments

Recent Posts

See All