top of page

Apa sih Tujuan Menghitung DER?



Debt to Equity Ratio juga sering dikenal sebagai rasio leverage atau rasio pengungkit.


Secara garis besar, Debt to Equity Ratio atau rasio utang terhadap modal merupakan salah satu indikator yang penting untuk melihat kondisi kesehatan keuangan suatu perusahaan. Rasio ini dapat menunjukkan tingkat kemandirian finansial perusahaan berkaitan dengan utang.


Yuk kita lihat rumus perhitunhannya !




Total Liabilities = Total Utang

Total Equity = Total Modal

Untuk dapat menghitung DER, kamu perlu memperhatikan nilai utang (liabilitas) dan equity (equitas).


Contoh

Berdasarkan laporan keuangan kuartal II per 30 September 2020, perusahaan ABC memiliki kewajiban atau liability sebanyak 2.642.870 dan Ekuitas sebanyak 1.563.710. Kemudian, berapakah Debt to Equity Ratio (DER) dari perusahaan tersebut?


Jawab:


Total kewajiban (Liability): 2.642.870

Total ekuitas (Equity): 1.563.710

DER = Total utang / Total Ekuitas


DER = 2.642.870 / 1.563.710


DER = 1,67 kali


Maka, rasio utang dari perusahaan ABC adalah sebesar 1,67 kali. Rasio utang pada perusahaan ini masih tergolong kategori aman, karena tidak melebihi 2 kali atau 200%.


Para pemberi hutang atau investor biasanya akan lebih cenderung memilih perusahaan yang Debt to Equity Ratio-nya lebih kecil


Dengan adanya rasio utang terhadap modal yang kecil, bisa diartikan bahwa perusahaan tersebut memiliki kewajiban hutang yang kecil juga.


Sehingga bisa menguntungkan para investor yang akan memberikan pinjaman.


Sebaliknya, semakin tinggi rasio utang terhadap modal, maka semakin tinggi pula jumlah hutang atau kewajiban perusahaan untuk melunasi hutang yang harus dibayar baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


Artinya perusahaan tersebut mendapat pendanaan dari pemberi hutang, bukan dari pendapatan perusahaan tersendiri.


Hal ini cukup berbahaya dan harus diawasi karena perusahaan harus membayar hutang tersebut dalam jangka waktu tertentu.


Nah buat temen temen yang bingung gimana caranya belajar dan kelola financial atau keuangan perusahaan kalian bisa ikutan business finance mentoring bersama coach Yuszak M Yahya. Disana kamu bisa belajar banyak hal tentang keuangan dan dimentoring langsung sama expert nya lho. Yuk cus daftar di www.ilmukeuangan.com/mentoring2







16 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page