Apakah CEO Perlu Paham Keuangan?




CEO atau Chief Executive Officer adalah jabatan penting di dalam perusahaan. Mungkin banyak dari Kamu yang mempunyai impian untuk menjadi CEO. CEO bertanggung jawab terhadap seluruh lini bisnis yang ada di perusahaan. Oleh sebab itu, mereka yang jadi CEO diharuskan kompeten untuk memimpin perusahaan


CEO juga tidak hanya bertanggung jawab pada internal, mereka juga yang pertama berhadapan dengan publik ketika terjadi sesuatu pada perusahaan atau karena alasan lainnya. Oleh sebab itu, tindakan CEO ini akan dilihat dan mencerminkan perusahaannya.


Kebanyakan CEO yang memimpin perusahaan adalah mereka yang mendirikan perusahaan secara gigih dari awal. Namun, hal itu tidak selalu karena ada juga pendiri yang menyerahkan jabatan CEO pada orang lain karena berbagai alasan, misalnya ingin pensiun dini dan sebagainya.


Nah untuk menjawab pertanyan apakah CEO punya pengetahuan keuangan, yuk simak peran dari CEO terlebih dahulu ! Jadi seorang CEO berperan dalam :


1. Menentukan tujuan perusahaan

Perusahaan biasanya memiliki tujuan utama. Tujuan itu ditentukan oleh CEO. Tujuan itu pun perlu diikuti oleh semua bawahannya. Tujuan itu yang menjadi target bisnis perusahaan dalam periode tertentu.


2. Wajah utama perusahaan

CEO adalah wakil perusahaan di depan publik. Ketika sosok itu disebut sebagai CEO dari perusahaan A, maka ia menjadi wajah utama perusahaan A tersebut. Terkadang sebutan itu tampak istimewa, padahal sebenarnya beban yang ditanggungnya cukup besar juga karena seluruh sumber daya di dalam perusahaan bergantung padanya


3. Menentukan anggaran belanja

Perusahaan membutuhkan perencanaan finansial yang baik agar perusahan bisa terus berjalan. Dana tersebut perlu direncanakan dalam anggaran. Anggaran itulah yang dibuat oleh CEO beserta jajaran pemimpin lainnya. Anggaran ini harus dibuat seefisien mungkin dan bisa mencapai keuntungan optimal. Oleh sebab itu, CEO juga harus punya pengetahuan keuangan yang bagus.


4. Pengambilan Keputusan

Sebagai seorang CEO, ia dituntut harus bisa mengambil keputusan, sehingga seorang CEO perlu memiliki kemampuan analisis masalah. Apapun metode analisis yang digunakan, CEO harus mampu membuat keputusan terbaik. Dalam membuat keputusan salah satu hal yang sangat perlu dipertimbangkan adalah Laporan Keuangan Perusahan. Oleh karena itu, penting bagi CEO untuk mempunyai pengetahuan keuangan.


Nah jadi ternyata seorang CEO juga perlu ya, pengetahuan tentang keuangan. Hayo jadi gimana, Kamu tertarik untuk menjadi seorang CEO gak? Memang bukan hal yang mudah untuk menjadi pimpinan tertinggi dalam sebuah perusahaan. CEO memegang tanggung jawab penuh terhadap perusahaan. Banyak peran dan tugas penting yang dilakukan dan berdampak besar pada seluruh kinerja perusahaan termasuk karyawan di dalamnya.


Untuk kamu yang ingin belajar mengenai keuangan, ilmu keuangan dapat membantu kamu serta mengajarkan dan membahas secafa detail mengenai keuangan bisnis, bagaimana cara membuat rencana bisnis, bagaimana cara membaca laporan keuangan, dll secara lengkap di Workshop Smart Financial Map. Daftarkan dirimu sekarang di Ilmukeuangan.com.

11 views0 comments

Recent Posts

See All