Apakah Merger dan Akuisisi Sama ?




Merger dan akuisisi apakah sama ? jawabannya adalah berbeda. Merger dan akuisisi sering kali dianggap sama, padahal sebenarnya ada perbedaan antara keduanya.

Kira kira apa ya yang membedakan antara keduanya ? Yuk simak penjelasannya!


Berasarkan definisinya , merger dan akuisisi sudah memiliki perbedaan. Merger mengacu pada konsolidasi mutualisme antara dua atau lebih entitas untuk membentuk perusahaan baru dengan nama baru. Dengan kata lain, merger terjadi ketika dua perusahaan berbeda bergabung untuk membentuk suatu bisnis baru dengan mempertahankan salah satunya perusahaan utama.


Sementara, akuisisi merupakan ambil alih sebuah perusahaan oleh perusahaan lainnya dengan pembelian saham. Sampai disini apakah sudah jelas temen-temen ? Jika belum ini penjelasan lebih mudahnya !


1. Eksistensi Perusahaan

Di dalam merger, kedua perusahaan akan melebur menjadi sebuah perusahaan yang baru. Sementara, perusahaan pengakuisisi dan yang diakuisisi tidak kehilangan eksistensinya. Hanya saja, perusahaan yang terakuisisi menjadi milik pengakuisisi.


2. Nama Perusahaan

Di dalam merger dua atau lebih perusahaan melebur menjadi satu, akan terbentuk nama perusahaan yang baru. Namun hal ini tidak terjadi untuk akuisisi, karena kedua perusahaan tetap dapat mempertahankan bentuk bisnisnya. Perusahaan yang diakuisisi tetap memiliki nama yang sama, namun beroperasi di bawah bisnis pengakuisisi.


3. Legalitas Perusahaan

Proses legalitas Merger lebih sulit dibanding akuisisi, karena melibatkan banyak formalitas legal yang harus dilalui. Sementara akuisisi cenderung lebih cepat karena formalitas legalnya lebih sedikit dibanding merger. Namun disisi lain, akuisisi lebih membutuhkan banyak uang dan aset agar sebuah perusahaan mampu melakukannya.


4. Wewenang

Di dalam perusahaan merger, bisnis-bisnis yang tergabung di dalamnya dianggap setara. Namun, dalam akuisisi, perusahaan pengakuisisi yang lebih kuat memiliki kuasa lebih terhadap bisnis terakuisisi.



Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.





14 views0 comments

Recent Posts

See All