ASET BANYAK, TAHU NGGAK GIMANA NGATURNYA?



Apa pun jenis aset yang dimiliki perusahaan, mengelola aset bukanlah tugas yang mudah. Apalagi jika Anda memiliki banyak aset dan menjualnya ke konsumen. Meskipun terdapat berbagai tantangan yang tidak dapat dihindarkan dalam mengelola aset perusahaan, namun mungkin untuk membuatnya lebih mudah dan sederhana. Pada artikel kali ini, kami telah merangkum lima cara untuk mempermudah pengelolaan aset agar efisiensi bisnis dapat lebih optimal.


1. Identifikasi pemilik aset yang andal dan dapat dipercaya


Anda mungkin perlu mempertimbangkan banyak hal. Anda tidak dapat mengontrol semua elemen bisnis Anda, termasuk manajemen aset. Oleh karena itu, Anda harus mengidentifikasi karyawan yang dapat Anda percayai dan andalkan sebagai mereka yang bertanggung jawab atas aset perusahaan.


2. Pahami siklus hidup aset


Dari membeli aset hingga tidak lagi menggunakannya, Anda perlu memahami siklus hidupnya. Memprediksi berapa lama setiap aset akan digunakan. Ini akan memudahkan Anda untuk menentukan kapan perawatan diperlukan. Dengan memperkirakan siklus hidup suatu aset, Anda juga dapat melakukan pembelian yang lebih tepat. Misalnya, Anda dapat memilih komputer yang lebih panjang (tahan lama).


3. Lakukan pelacakan aset secara teratur


Tanpa pemeriksaan aset rutin, perusahaan Anda mungkin mengalami kerugian finansial. Sebab, Anda mungkin perlu membayar pajak yang tidak perlu, mengasuransikan, membeli dan memelihara aset. Anda dapat membayar pajak atas aset yang disusutkan atau tidak lagi dimiliki. Anda juga akan bermasalah ketika aset Anda tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami jumlah aset yang sebenarnya Anda miliki dan jumlah aset yang tercantum dalam pembukuan akun.


4. Pahami sepenuhnya depresiasi aset Anda


Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyusutan atau penyusutan aset perusahaan. Identifikasi aset yang tidak lagi cocok untuk digunakan, lalu cari tahu alasannya. Anda mungkin tidak tahu bahwa banyak hal yang selalu ketinggalan zaman, tetapi karyawan Anda masih menggunakannya, yang tentu saja menghambat produktivitas mereka. Oleh karena itu, yang terbaik adalah melakukan penghitungan penyusutan secara teratur sehingga Anda mengetahui barang mana yang tidak lagi digunakan dan kapan waktu terbaik untuk membeli barang baru.


5. Gunakan solusi manajemen aset otomatis


Mengelola aset secara manual hanya akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang, dan tidak akan mencapai hasil yang sama. Untuk mengoptimalkan manajemen aset perusahaan, Anda harus menggunakan solusi manajemen aset otomatis. Perangkat lunak ini dapat mengotomatiskan proses manajemen aset, yang meliputi pemantauan aset, pemeriksaan penyusutan, penjadwalan pemeliharaan, pengelolaan kontrak, analisis biaya, dan pembuatan laporan aset yang lengkap dan akurat. Mengotomatiskan tugas manajemen aset yang kompleks pasti akan membantu Anda meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas bisnis Anda.


Memiliki aset banyak memang tujuan banyak pengusaha, namun sebaik baiknya aset banyak adalah aset yang dikelola dengan baik.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan.

Dapatkan harga khusus hari ini.




43 views0 comments

Recent Posts

See All