Bagaimana Mengatasi Neraca Saldo Tidak Balance?



Neraca adalah salah satu jenis laporan keuangan yang wajib dibuat oleh pengusaha ataupun entitas bisnis. Apakah neraca saldo harus balance dan jika tidak seimbang apa yang harus Kamu lakukan?


1. Jika terjadi kesalahan adalah jumlahnya satuan seperti Rp50.000, Rp500.000, atau Rp5.000.000, maka Kamu harus menghitung dan mengecek kembali pada bagian debit dan kreditnya.

2. Jika terjadi kesalahan pada bagian debit atau kredit, maka carilah selisih antara debit kemudian dibagi menjadi dua, cek pada neraca saldo dan temukan transaksi yang sama dengan setengah dari selisih hasil bagi dua tadi.

3. Jika nilai saldo bisa dibagi menjadi sembilan, maka lakukan pengecekan pada neraca saldo apakah ada salah dalam penulisan pada buku besar. Kesalahan yang sering ditemui biasanya adalah penulisan Rp118.000 ditulis Rp181.000.

4. Jika selisih tidak bisa dibagi sembilan atau dibagi dua, maka cek kembali pada buku besar dan bukti transaksi apakah ada salah penulisan atau tidak.

5. Bandingkan nama akun yang ada di neraca saldo dan buku besar, pastikan juga bahwa semua akun yang ada di buku besar sudah semua masuk dalam neraca saldo dengan benar.

6. Pastikan hasil penjumlahan saldo debit dan kredit dan selisihnya pada setiap akun buku besar.


Untuk itu kita perlu meminimalisir ketidakseimbangan di neraca. Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Kamu lakukan yaitu dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Melakukan analisa yang lebih teliti terhadap elemen-elemen yang berpengaruh dalam proses transaksi seperti aktiva, utang, biaya, pendapatan, dan modal.

2. Melakukan analisis terhadap elemen-elemen yang terkait, apakah transaksi tersebut bisa menambah atau mengurangi pada elemen tersebut.

3. Melakukan analisis pada bagian debit dan kredit yang sudah dilakukan, apakah ada tambahan elemen tertentu yang harus di masukan pada sisi debit ataupun kredit.

4. Melakukan perbandingan antara angka-angka yang sudah di-posting dengan angka-angka pada bukti pembayaran, rekening, dan sejenisnya.

5. Menguji ulang semua kesamaan antara bagian debit dan kredit dengan keseluruhan catatan yang ada pada jurnal.

6. Menuliskan secara urut sesuai dengan nomor rekening.

7. Menuliskan secara urut berdasarkan tanggal terjadinya transaksi terjadi.

8. Melakukan cek pada penulisan angka khususnya pada tKamu titik dan koma.


Penyebab Neraca Saldo Tidak Seimbang

1. Saldo awal sudah tidak seimbang.

2. Kesalahan menyusun neraca saldo.

3. Salah menjumlahkan.

4. Salah dalam pencatatan jurnal.

5. Salah posting dalam buku besar.

Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!

7 views0 comments

Recent Posts

See All