top of page

Batch Number di Produk Penting ?





Pernah liat gak nomor yang ada di kemasan-kemasan produk. Nah ternyata itu puya arti loh. Nomor yang kamu liat itu namanya adalah batch number. Batch number itu adalah nomor yang menunjukan kalau produk-produk tersebut diproduksi dalam waktu yang sama, menggunakan bahan yang sama, dan di tempat yang sama. Walaupun keliatannya sepele tapi ini sangat membantu untuk membedakan antara produk yang satu dengan yang lainnya. Nah apa aja ya manfaat dari adanya batch number ini ya ? Yuk kita simak !


1. Memudahkan mencari barang ketika ada cacat produksi

ketika staff quality control menemukan sebuah produk memiliki kecacatan, staff tersebut hanya tinggal melihat ke batch numbernya, dan mengecek produk lain yang memiliki batch number sama untuk melihat apakah ada kerusakan serupa atau tidak.


2. Memudahkan dalam Penyimpanan dan Pencarian barang

Selain itu, batch number juga bisa memudahkan kamu untuk mengelompokkan barang-barang di gudang kamu berdasarkan batch number, sehingga tata letak gudang kamu menjadi lebih mudah dilakukan. Selain itu, staff gudang juga akan lebih mudah menemukan barang berdasarkan batch number ketika mereka ingin melakukan proses pengambilan barang. Nah jadinya pekerjaan kan jadi lebih efektif dan efisien.


3. Memudahkan Pelacakan Kadaluarsa

Pelacakan batch number juga memudahkan untuk menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk seluruh lot, bukan produk tunggal. Kemudian, kamu dapat melacak stok yang segera kedaluwarsa. Jadi, promosi dapat diluncurkan untuk mempercepat penjualan.


4. Mencegah Pemalsuan

Penggunaan batch number ternyata jugad dapat mencegah munculnya barang palsu memasuki persediaanmu. Ini sangat penting jika produk kamu rentan terhadap pemalsuan, karena kamu dapat menyingkirkan barang palsu dengan cepat.


Dan untuk menambah networking bisnis kalian bisa ikut Smart Financial Map, Dimana disana kamu bisa bertemu dengan banyak pebisnis dari seluruh Indonesia. Langsung daftarkan dirimu di Smartfinancialmap.com

Belajar Keuangan Bisnis ? Ya di Ilmu Keuangan !




70 views0 comments

Bình luận


bottom of page