Beginilah Risiko Keuangan Bisnis



Risiko dapat diartikan sebagai kemungkinan kerugian atau bahaya. Departemen keuangan perusahaan mencoba membangun struktur modal yang menarik risiko dan biaya, dan meminimalkan pengendalian manajemen yang ada. Menurut prinsip risiko terdapat dua jenis risiko yaitu risiko bisnis dan risiko keuangan. Yang pertama adalah risiko yang terkait dengan bisnis fisik, dan yang kedua adalah risiko menggunakan dana utang.


Terlepas dari ukuran, sifat dan strukturnya, risiko melekat pada setiap bisnis. Jika tidak ada risiko maka tidak ada return, oleh karena itu semakin tinggi risikonya maka semakin besar pula peluang untuk memperoleh return yang tinggi. Meskipun risiko bisnis tidak dapat dihindari, risiko keuangan pada dasarnya dapat dihindari.


Risiko keuangan adalah ketidakpastian yang disebabkan oleh penggunaan pembiayaan hutang dalam struktur modal perusahaan. Struktur modal perusahaan dapat mencakup modal ekuitas, modal preferen, atau modal utang, atau kombinasi dari modal ini. Perusahaan yang memasukkan pembiayaan hutang dalam struktur modalnya disebut perusahaan leveraged, sedangkan perusahaan unlevered adalah perusahaan yang tidak mempunyai hutang dalam struktur modalnya.


Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya bahwa modal utang adalah salah satu sumber pendanaan termurah, jadi risiko apa yang akan ditimbulkannya bagi pemegang saham? Karena ketika perusahaan bangkrut, kreditur lebih diutamakan daripada pemegang saham, dan mereka akan dilunasi terlebih dahulu. Oleh karena itu, terdapat risiko kewajiban keuangan pemegang saham tidak dapat dipenuhi karena pembiayaan hutang. Selain itu, risiko finansial tidak berhenti sampai di situ, karena banyak risiko yang tercantum di bawah ini:


Risiko pasar: Risiko yang disebabkan oleh fluktuasi aset keuangan.

Risiko nilai tukar: Risiko yang disebabkan oleh perubahan nilai tukar mata uang. Risiko kredit: Risiko yang timbul dari hutang peminjam.

Risiko likuiditas: Risiko dari instrumen keuangan tidak dapat diperdagangkan dengan cepat di pasar.


Dalam menjalankan bisnis tentuk tidak akan terlepas dengan risiko yang mungkin terjadi, sehingga dengan mengenali risiko maka anda dapat memulai untuk memanajemen risiko tersebut.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan.

Dapatkan harga khusus hari ini.



140 views0 comments

Recent Posts

See All