Bisnis Kecil Juga Perlu Manajemen Keuangan




Melalukan manajemen keuangan sering kali disepelekan terutama untuk bisnis yang masih kecil atau baru sana berdiri. Padahal tidak peduli seberapa kecil bisnis kamu, sangat penting untuk menyiapkan pencatatan keuangan yang baik dan teroganisir. Hal ini, agar jika suatu hari nanti usaha itu menjadi besar, Kamu tidak akan kerepotan.

Selain untuk alasan tersebut, sebenarnya pencatatan keuangan sangat diperlukan untuk mengukur kinerja dan target usaha kamu, apakah sudah tercapai atau belum. Banyak usaha kecil yang bangkrut padahal sebenarnya dapat berpotensi menjadi besar, hanya karena masalah manajemen keuangan bisnis yang kurang efektif.

Manajemen keuangan penting bagi usaha atau bisnis kecil karena berbagai alasan, sebagai berikut:

  1. Menyusun strategi, atau mengidentifikasi apa yang akan terjadi secara finansial bagi perusahaan untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjangnya. Misalnya, pemimpin membutuhkan wawasan tentang kinerja saat ini untuk perencanaan skenario.

  2. Pengambilan keputusan, atau membantu para pebisnis memutuskan cara terbaik untuk mengeksekusi rencana dengan memberikan laporan keuangan terkini dan data tentang KPI yang relevan.

  3. Mengontrol, atau memastikan setiap departemen berkontribusi pada visi dan beroperasi sesuai anggaran dan sejalan dengan strategi.

Nah berikut ini beberapa tips manajemen keuangan yang dapat kamu terapkan untuk bisnis yang sedang kamu rintis :

1. Memahami pembukuan keuangan

2. Memisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi

3. Merencanakan penggunaan uang dengan baik

4. Melakukan putaran kas secara efektif

5. Memastikan perhitungan keuntungan

6. Memanfaatkan atau menggunakan software pencatatan keuangan


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!



24 views1 comment

Recent Posts

See All