top of page

Bisnis Pariwisata?? Boleh Juga Nih




Menurut data yang dipublikasikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Covid-19 membawa dampak yang luar biasa pada sektor pariwisata Indonesia. Nah pasca pandemi, saat ini bisnis pariwisata kian meningkat bahkan menjanjikan. Semakin banyak yang melirik bisnis Pariwisata karena masih banyak potensi yang dimiliki Indonesia sebagai destinasi wisata terlebih wisata alam. Karena Indonesia memiliki pesona alam yang cantik dan natural selain itu letak Indonesia sebagai Negara Kepulauan begitu strategis.


Ada beberapa jenis usaha jasa di bidang wisata yang bisa Anda pilih, yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Pengelolaan jasa penginapan seperti misalnya losmen, hotel, wisma, dan motel.

2. Usaha penjualan barang cinderamata atau souvenir khas dari suatu daerah.

3. Penyedia jasa pemandu wisata atau yang disebut dengan tour guide.

4. Penyedia jasa pariwisata dan transportasi atau biasa disebut dengan tour and travel.

5. Penyelenggaraan kegiatan hiburan serta rekreasi yang berkaitan dengan seni pertunjukan dan arena permainan.

6. Jasa informasi di bidang pariwisata yang menyediakan segala jenis informasi berupa video, data, foto, berita, feature dan sebagainya.


Nah buat kamu yang tertarik untuk berbisnis dibidang pariwisata, wajib banget simak artikel ini ya !


  1. Tentukan sektor pariwisata yang menjadi fokus bisnis Anda. Jika ingin membangun bisnis pariwisata, ada beberapa sektor yang bisa Anda pilih:

  • Layanan transportasi. Sektor ini meliputi transportasi turis ke, dari, dan di sekitar tujuan turis.

  • Agensi perjalanan. Agensi perjalanan adalah pusat belanja berbagai keperluan untuk mengunjungi suatu tempat, termasuk transportasi, akomodasi, dan atraksi.

  • Akomodasi. Sektor ini termasuk hotel, motel, tempat tidur dan makan pagi, sewa rumah, kondominium dan tempat-tempat lain yang bisa ditinggali turis saat bepergian.

  • Tur berpemandu dan pemandu wisata. Layanan tur berpemandu atau pemandu wisata adalah bisnis pariwisata yang khusus menyediakan wisata penuh pengetahuan dan menghibur melalui berbagai objek wisata di lokasi tertentu.

  • hospitality yaitu bisnis berhubungan dengan pengadaan makanan atau minuman yang sering dibutuhkan turis.


  1. Perhatikan juga lokasi geografis.

Objek wisata daerah kamu adalah indikator terbaik atas berbagai hal yang bisa membuat bisnis pariwisata sukses atau gagal.

  1. Ukur persaingan.

Lakukan penelitian menyeluruh terhadap bisnis pariwisata di daerah kamu sebelum memutuskan bidang bisnis pariwisata apa yang tepat bagi kamu. Pilihlah sektor pariwisata yang unik dan masih belum ramai digeluti.

  1. Tulislah sebuah rencana bisnis. Rencana bisnis adalah blueprint bagi bisnis pariwisata kamu, dan harus berisi beberapa bagian berikut:

  • Ringkasan eksekutif. Jelaskan tujuan bisnis Anda, nama, lokasi, personel yang dibutuhkan, staf manajemen bisnis pariwisata, pangsa pasar, persaingan, rencana pemasaran dan proyeksi finansial.

  • Produk dan/atau jasa. Anda perlu menjelaskan produk dan/atau jasa yang Anda sediakan untuk para turis.

  • Analisis pasar. Bagian ini menyediakan informasi tentang target pasar dan persaingan bisnis Anda.

  • Strategi bisnis pariwisata. Ini menjelaskan rencana Anda menjalankan bisnis, memasarkannya, dan menetapkan harga produk atau jasa Anda.

  • Ringkasan finansial. Tetapkan proyeksi pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda.


Dan yang pasti Jangan cepat puas dan berani dalam mengambil langkah. Tetaplah berusaha mengembangkan bisnis pariwisatamu agar terus bisa dikenal banyak orang.


Nah buat temen temen yang bingung gimana caranya belajar dan kelola financial atau keuangan perusahaan kalian bisa ikutan business finance mentoring bersama coach Yuszak M Yahya. Disana kamu bisa belajar banyak hal tentang keuangan dan dimentoring langsung sama expert nya lho. Yuk cus daftar di www.ilmukeuangan.com/mentoring2



24 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page