Budget Versus Forecast

Updated: Jan 4, 2021




Dalam sebuah bisnis budget dan forecast digunakan untuk memantau setiap kegiatan bisnis dengan sistematis. Untuk mencapai tujuan bisnis anda harus tahu sebenernya perbedaan budget dan forecast itu apa. Jadi tidak salah dalam memanfaatkan


Budget (anggaran)

Anggaran tidak hanya mengukur rencana eksekusi Anda, tetapi juga berfungsi untuk memeriksa kelayakan rencana Anda, posisi keuangan yang diharapkan dari perusahaan Anda dan persyaratan hutang, serta teknik kontrol untuk mengevaluasi kinerja sebenarnya. Anggaran biasanya bersifat jangka pendek, dilakukan untuk durasi maksimum periode akuntansi. Anda mungkin menemukan anggaran berdurasi pendek seperti itu selama sebulan berdasarkan pengelolaan biaya perusahaan. Anggaran selalu disiapkan sebelum pelaksanaan rencana dan dapat disesuaikan untuk mengelola operasi perusahaan dengan lebih baik.

Karakteristik Anggaran:

  • Estimasi pendapatan dan biaya.

  • Arus kas yang diharapkan.

  • Pengurangan utang yang diharapkan.

  • Anggaran dibandingkan dengan hasil aktual

Penganggaran mewakili posisi keuangan, arus kas, dan tujuan perusahaan. Anggaran perusahaan biasanya dievaluasi ulang secara berkala. Penganggaran dijadikan dasar untuk membandingkan hasil aktual untuk menentukan bagaimana kinerja yang diharapkan. Untuk beberapa perusahaan, manajemen mungkin perlu lebih fleksibel dan memungkinkan anggaran disesuaikan sepanjang tahun seiring dengan perubahan kondisi bisnis.


Forecast (peramalan)

Peramalan keuangan didasarkan pada data historis, faktor pendorong bisnis, dan asumsi faktor situasional yang diharapkan dapat memengaruhi perusahaan selama periode yang diperkirakan. Sebagai seorang manajer perusahaan, Anda ingin tahu kemana arah perusahaan Anda sebenarnya. Peramalan keuangan berfungsi sebagai masukan untuk membuat alokasi anggaran dan membantu manajemen dalam menyusun rencana strategisnya. Perkiraan bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Mungkin ada perkiraan pendapatan triwulanan berdasarkan data sebelumnya. Mungkin juga ada prakiraan arus kas selama beberapa tahun membantu manajemen dalam beberapa aspek seperti menentukan struktur modal yang optimal.

Karakteristik Peramalan:

  • Digunakan untuk menentukan bagaimana perusahaan harus mengalokasikan anggaran mereka untuk periode mendatang. Tidak seperti penganggaran, peramalan keuangan tidak menganalisis perbedaan antara prakiraan keuangan dan kinerja aktual.

  • Diperbarui secara rutin, mungkin bulanan atau triwulanan, ketika ada perubahan dalam operasi, inventaris, dan rencana bisnis.

  • Dapat dibuat untuk jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, perusahaan mungkin memiliki perkiraan pendapatan triwulanan. Jika pelanggan kalah dalam persaingan, perkiraan pendapatan mungkin perlu diperbarui.

  • Tim manajemen dapat menggunakan prakiraan keuangan dan mengambil tindakan segera berdasarkan data prakiraan tersebut.

  • Peramalan keuangan dapat membantu tim manajemen membuat penyesuaian pada produksi dan tingkat persediaan. Selain itu, ramalan jangka panjang dapat membantu tim manajemen perusahaan mengembangkan rencana bisnisnya.

Perbedaan utama antara budget vs forecast



Budget memberikan wawasan tentang apa yang ingin perusahaan capai. Forecast menunjukkan apakah perusahaan mampu mencapai anggarannya atau tidak.
2,335 views0 comments

Recent Posts

See All