Cara Atasi Omzet yang Turun




Hayo gimana ya caranya atasi kalo omzet tiba-tiba turun ? Nah cara mengatasi omzet yang menurun untuk Anda lakukan adalah pahami kebutuhan pasar. Ada banyak bisnis yang mengalami penurunan omzet dari bisnis yang telah dibangun hanya disebabkan karena produk yang dipasarkan kurang memahami kebutuhan pasar.


Namun, Anda harus tahu bahwa ada beberapa hal yang memungkinkan penurunan omzet. Hal pertama yang dapat menyebabkan penurunan omzet adalah metode penjualan. Tidak hanya itu saja, kebutuhan pasar juga dapat membuat omzet bisnis mengalami penurunan. Anda harus menemukan kebutuhan pembeli untuk produk yang Anda jual.


1. Perbaikan Kualitas Produk


Setelah memahami kebutuhan pasar, lakukan evaluasi pada kualitas produk (barang atau jasa) anda. Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan kepada pelanggan yang mengunjungi toko anda, dengan menanyakannya pendapat pelanggan terhadap produk anda. Memberikan sedikit budget pengeluaran untuk hadiah kepada pelanggan yang mau menjawab atau mengisi survey tersebut terkadang perlu dilakukan agar data yang terekam merupakan data yang valid.


Jika anda telah mendapatkan data penilaian kualitas produk oleh pelanggan, maka buatlah produk anda yang dapat memenuhi ekspektasi mereka. Tentunya dengan memperhatikan penambahan biaya yang harus anda keluarkan. Tidak selamanya, peningkatan kualitas produk harus mengeluarkan biaya yang besar bahkan malah tanpa biaya sama sekali.


2. Lakukan promosi


Langkah selanjutnya maupun cara mengatasi omzet yang menurut selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan promosi. Promosi menjadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam melakukan suatu bisnis maupun pekerjaan. Tidak hanya itu saja, melakukan promosi produk yang Anda jual menjadi salah satu cara ampuh. Promosi yang anda lakukan bisa dengan metode promosi konvensional maupun dengan teknik pemasaran digital.


Bentuk promosi bisa dilakukan dengan cara:


1. pemberian diskon berbatas waktu pada barang / jasa yang berpeluang untuk repeat order di waktu mendatang

2. berikan bonus tertentu untuk pembelian sejumlah nominal transaksi

3. pemberian voucher belanja yang tidak bisa diuangkan pada event promosi atau untuk transaksi sejumlah nominal tertentu

Dengan promosi yang tepat dapat membuat para pembeli lebih menginginkan produk yang anda jual. Sehingga akan ada banyak orang yang membeli produk anda. Dengan demikian akan membuat omzet maupun keuntungan bisnis dapat mengalami kenaikan secara bertahap dan konsisten.


3. Kombinasi Teknik Penjualan


Ketika calon konsumen telah tertarik dengan promosi yang anda lakukan, anda bisa mengkombinasikan teknik penjualan berikut ini untuk memaksimalkan omset usaha anda:


1. Lakukan cross-selling; yaitu teknik menawarkan kepada konsumen untuk membeli produk lain yang ada pada toko / usaha anda

2. Lakukan up-selling; yaitu tawarkan barang / jasa sejenis dengan harga lebih mahal tetapi dengan kualitas atau kuantitas yang lebih baik atau lebih banyak

3. Lakukan down-selling; yaitu jika konsumen merasa keberatan dari segi harga dengan menawarkan produk sejenis dengan harga lebih murah tetapi dengan kuantitas lebih sedikit


4. Perbaiki Pelayanan Anda


Pelayanan kepada pelanggan menjadi salah satu kunci sukses cara mengatasi omset yang menurun. Konsumen mana yang tidak mau mendapatkan pelayanan terbaik dari pelaku usaha? Terkadang konsumen memutuskan untuk membeli suatu barang atau jasa, hanya karena faktor pelayanan yang lebih baik oleh pemilik usaha atau karyawannya. Kendatipun kualitas, kuantitas dan harga barang atau jasa yang dibeli relatif sama dibanding kompetitor.


Hayo yuk mulai sekarang asah pola pikirmu supaya impian menjadi pebisnis sukses bisa tercapai. Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!












11 views0 comments

Recent Posts

See All