top of page

Cara Cegah Fraud di Perusahaan




Nah apasih sebenarnya fraud itu ? tindak kecurangan atau fraud merupakan serangkaian ketidakberesan (irregularities) dan perbuatan melawan hukum (illegal act) yang dilakukan oleh orang luar maupun dalam perusahaan. Tindak kecurangan ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan merugikan orang lain. Lalu supaya hal ini gak terjadi, apa nih yang harus dilakukan ?


1. Memperketat pelaksanaan SOP

Fraud dapat dicegah melalui pelaksanaan SOP yang ketat. Masih sering didapati jika SOP dianggap hanya sebatas aturan teoritis sehingga diabaikan. Bisa karena tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas terlalu singkat, sehingga membuat SOP dilakukan tidak sesuai prosedur atau “melompat-lompat”.


2. Adanya sistem pengendalian Internal

Perusahaan juga harus menyediakan sistem pengendalian internal yang jelas, mulai dari penetapan tugas hingga otoritas masing-masing karyawan. Hal ini berguna agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam menjalankan tugas dan mengurangi penyalahgunaan otoritas.

Tidak hanya sebatas punya sistem pengendalian internal saja, namun perusahaan juga harus memiliki standar prosedur yang jelas tentang hal tersebut. Dengan begitu akan mempermudah mengatur perilaku karyawan terutama bagian akuntansi untuk berperilaku sesuai visi dan misi perusahaan.


3. Menjalankan Pengawasan dan Proses Komunikasi Akuntansi yang Baik

Kecurangan pada laporan keuangan dapat terjadi karena kurangnya transparansi keuangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan juga untuk selalu mengotorisasi sistem akuntansi pada perusahaan dengan sebaik-baiknya. Hal ini diwujudkan dengan melakukan penyusunan dokumen akuntansi secara lengkap, kemudian mengklasifikasikannya, dan melaporkan pada periode yang tepat.


4. Memberikan Pelatihan Anti-Fraud bagi Karyawan

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memberikan pelatihan anti-fraud secara berkala pada karyawan, khususnya yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan. Dengan demikian, mereka akan lebih paham tentang fraud di perusahaan, diantaranya terkait dengan sanksi yang diberikan apabila ada karyawan yang ketahuan melakukannya


Bingung bagaimana belajar dan kelola keuangan perusahaan itu biasa terjadi, namun sudah tahu solusinya belum?


Ribuan pengusaha telah mengerti dan paham keungan perusahaan dengan penjelasan ringkas dan padat oleh Coach Yuszak M Yahya dan kini hadir program Onine Business Finance Mentoring bersama beliau menjadikan wadah bagi Anda untuk semakin mudah belajar keuangan perusahaan.

Link registrasi di sini







11 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page