top of page

Cara Investasi Emas untuk Pemula




Dibandingkan dengan alat investasi lainnya, emas dianggap sebagai salah satu pilihan investasi paling aman. Risiko investasi emas rendah dan dapat menahan kenaikan harga atau inflasi.


Selain itu, emas memiliki nilai stabil jangka panjang. Keuntungan lain dari emas adalah likuiditasnya yang tinggi, sehingga dapat dijual dengan cepat.


Dengan beberapa kelebihannya, emas bisa menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat. Berikut beberapa tips investasi emas untuk pemula:


1. Tetapkan tujuan dan buat rencana

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan berinvestasi emas. Jangan hanya membeli emas, menyimpannya, lalu menjualnya kapan saja. Anda harus memiliki tujuan, seperti berinvestasi emas untuk biaya pernikahan beberapa tahun ke depan, mendanai pendidikan anak Anda 10 tahun dari sekarang, atau membayar haji dan pengeluaran lainnya.


2. Fokus pada kemampuan finansial

Investasi harus dimulai dengan lebih banyak dana. Jika sudah ada surplus setiap bulan, kelebihan dana dapat dialokasikan untuk investasi pembangunan untuk penggunaan di masa depan.


Jangan sampai Anda mengorbankan semua pendapatan atau bahkan kewajiban Anda untuk mendapatkan keuntungan dari investasi Anda. Sebelum berinvestasi, Anda harus memiliki cadangan darurat yang cukup. Miliki setidaknya satu tabungan dana darurat dan siapkan pengeluaran 6-12 bulan sebelum berinvestasi untuk menutupi pengeluaran tak terduga.


3. Perhatikan waktu investasi emas

Ketika Anda memiliki keinginan untuk berinvestasi emas, Anda harus rajin memantau harga emas di pasaran. Selain itu, Anda juga perlu memahami tren harga emas di pasaran. Hal ini sangat penting untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas untuk mendapatkan keuntungan terbaik.


Waktu terbaik untuk membeli emas adalah menjual saat harga turun dan menjual saat harga naik. Adapun yang perlu diperhatikan, investasi emas sebaiknya dipertahankan dalam jangka menengah hingga panjang, misalnya lebih dari 5 tahun, agar mendapatkan return terbaik.


4. Pilih jenis emas yang tepat

Untuk pemula, disarankan untuk berinvestasi dalam logam mulia. Dibandingkan dengan investasi emas dalam bentuk perhiasan, investasi emas logam mulia lebih menguntungkan dan lebih cocok untuk tabungan masa depan.


Keunggulan emas logam mulia adalah harganya yang lebih mahal. Dibandingkan dengan emas perhiasan, harga jualnya seringkali lebih rendah karena dipengaruhi oleh komposisi biaya, seperti biaya produksi, jumlah karat, nilai seni, model dan depresiasi (penurunan harga).


5. Penyimpanan emas yang aman

Kecerobohan dalam penyimpanan membuat emas yang telah disimpan bertahun-tahun berisiko hilang. Penyimpanan emas dapat dilakukan dengan menyimpannya di brankas di rumah, atau di brankas (SDB), yang merupakan layanan penyimpanan kargo berharga.


Layanan SDB umumnya disediakan oleh bank. Anda juga dapat memanfaatkan layanan safe deposit box PT Antam yang menyediakan sistem keamanan 24 jam yang terintegrasi, atau titip emas di Pegadaian, sehingga masyarakat dapat menyimpan emas tanpa harus menyimpan secara fisik atau membayar setoran.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan.

Dapatkan harga khusus hari ini.




78 views1 comment
bottom of page