Cara Mendapatkan Pendanaan Usaha




Modal merupakan salah satu pondasi penting yang dapat membantu Kamu membangun dan mengembangkan bisnis. Pada saat Kamu pertama kali memulai bisnis, biasanya Kamu akan menggunakan uang tabungan sendiri atau mendapatkan pinjaman dari teman maupun keluarga. Namun ketika Kamu berencana untuk mengembangkan bisnis Kamu, dibutuhkan modal tambahan dengan jumlah yang lebih besar. Di saat inilah Kamu perlu memikirkan untuk mencari pendanaan dari pihak eksternal. Karena kondisi dan kebutuhan masing-masing startup berbeda. Nah berikut ini tips mendapatkan pendaan untuk bisnismu :


1. Membuat profil di AngelList

Cara membuat profil startup, menjadi salah satu langkah awal yang dapat dilakukan, mulai dari informasi detail tentang perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, dan anggota tim. Pastikan isi informasinya dengan detail dan menarik, supaya ada investor yang tergiur untuk memberikan dana kepadamu.


2. Membangun network (relasi)

Dengan membangun network (relasi) kamu bisa masuk ke dalam komunitas startup lokal ataupun minta rekomendasi kepada temanmu yang pernah didanai oleh investor.


3. Menghadiri event

Cara lain mencari investor untuk startup adalah dengan menghadiri sebuah event teknologi yang ada. Lingkup peserta itu terdiri dari berbagai kalangan mulai dari penggiat teknologi, startup, investor, dan sebagainya.


4. Manfaatkan media sosial

Saat ini, media sosial memang menjadi alat dalam melakukan segala hal, termasuk bagi startup ataupun entrepreneur untuk mencari investor ataupun melakukan branding. Kamu bisa mencari media sosial venture capital yang ada di Indonesia dan mencari-cari informasi bagaimana caranya bisa mendapatkan investasi dari perusahaan tersebut.


5. Pinjaman Peer-to-Peer Lending

Peer to peer lending (P2P Lending) adalah sebuah fintech yang memberikan pinjaman dana yang dapat diakses secara online, termasuk juga oleh para founder startup. Prosesnya pun terbilang cukup mudah, karena tidak memakan waktu yang lama.

6. Kompetisi

Saat ini, sudah banyak kompetisi startup, baik dalam taraf nasional hingga internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Kompetisi pun menjanjikan beragam hadiah besar untuk pemenangnya. Dengan memenangkan kompetisi, para founder dapat memanfaatkan hadiahnya sebagai modal untuk mengembangkan startup-nya.


7. Angel investor

Angel investor adalah individu yang memiliki kekayaan cukup banyak, hingga bersedia untuk menyediakan dana untuk suatu startup. Sebagai imbalannya, startup akan memberikan saham untuk angel investor tersebut. Dana yang disediakan ini dapat berupa suntikkan dana investasi satu kali untuk membantu startup memulai dan melanjutkan bisnisnya.


8. Venture capital

Venture capital (VC) atau yang biasa disebut dengan modal ventura, merupakan jenis pembiayaan untuk startup dan disediakan oleh para investor.


Nah sudah tahu kan cara mendapatkan pendanaan? kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !





20 views0 comments

Recent Posts

See All