Cara Mudah Mengurangi Biaya Produksi




Ketika membangun sebuah bisnis, salah satu hal yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi finansial perusahaan. Biasanya, pelaku bisnis akan condong untuk melakukan penghematan biaya produksi agar kondisi finansialnya baik. Namun perlu diingat, penghematan biaya produksi tidak dapat dilakukan dengan mudah karena Kamu harus memastikan kualitas produkmu juga baik, , sehingga konsumen tidak pergi ke kompetitor lain. Berikut ini tips menghemat atau mengurangi biaya produksi, yuk simak selengkapnya!


1. Gunakan bahan baku dengan bijak

Gunakanlah bahan baku sesuai dengan kebutuhan, tidak boros, dan tidak berlebihan meskipun jumlah persediaan bahan baku banyak. Selain itu, perhatikan tanggal kadaluarsa bahan baku juga. Aturlah bahan baku sesuai dengan tanggal kadaluwarsa, bahan baku dengan tanggal kedaluwarsa yang dekat digunakan terlebih dahulu dibandingkan dengan bahan baku dengan tanggal kedaluwarsa yang masih lama. Dengan demikian, tidak akan ada bahan baku yang terbuang sia-sia karena alasan habis masa expired-nya dan kualitas produk tetap terjaga.


2. Menekan biaya overhead

Sebagian pelaku usaha biasanya tidak memperdulikan biaya ini padahal jika dapat Kamu atur dengan baik akan membantu Kamu mengurangi biaya produksi. Lalu bagaimana cara mengetahui dan menghitungnya? Coba lihat catatan keuangan usaha Kamu, perhatikan setiap biaya yang terjadi, kemudian deteksi biaya mana yang dapat dikurangi penggunaannya atau biaya mana yang sebenarnya tidak terlalu penting.


3. Melakukan perawatan peralatan produksi


Menjaga peralatan produksi merupakan salah satu bentuk investasi. Jika peralatan tidak dan jarang mengalami kerusakan, maka biaya untuk perbaikan atau penggantian aset dalam bentuk peralatan menjadi tidak ada. Sehingga peralatan produksi mampu bekerja dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan. Peralatan produksi yang berusia panjang ini akan membantu Kamu menghemat biaya produksi.


Nahh udah tau kan, kenapa gak perlu malu untuk mulai bisnis dari 0. Yuk semangat para pejuang bisnis!!! Setelah berani mulai beberbisnis pstinya kamu perlu skill dan keterampilan mengelola dan menganalisis keuntungan bisnis tersebut supaya keuangan bisnis kamu tetap sehat. Ilmukeuangan.com akan membahas lengkap tentang cara melakukan revenue analysis di E-course Revenue Analysis. Dapatkan harga khusus hari ini !









16 views0 comments