top of page

Ciri Laporan Keuangan Perusahaan Jasa


Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan berbagai pelayanan yang memberi kenyamanan atau kenikamatan kepada masyarakat yang memerlukannya.


Yang termasuk ke dalam bidang perusahaan jasa contohnya adalah bank, asuransi, bengkel motor/mobil, rental, usaha salon, jasa pengiriman surat/barang, dan masih banyak contoh lainnya.


Nah ciri cirinya apa sih ?

  1. Ketidakberwujudan (intangibility) : jasa tidak dalam bentuk fisik sehingga tidak dapat disimpan dan harus segera dikonsumsi pada saat diperoleh.

  2. Ketidakterpisahkan (inseparability) : konsumen tidak terlibat dalam jasa tersebut tetapi jasa diberikan dalam hal tertentu seperti acara televisi.

  3. Keanekaragaman (heterogeneity) : jenis dan kualitas layanan berbeda-beda.

  4. Keterlenyapan (perishability) : manfaat pada jasa akan habis denga cepat sehingga konsumsi jasa akan dilakukan konsumen secara berulang.


Laporan keuangan adalah hasil dari siklus akuntansi pada perusahaan jasa yang dapat menggunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan. Cara pembuatan laporan keuangan dalam perusahaan jasa pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan perusahaan barang.


Yuk kita bahas Laporan Keuangannya !


1. Laporan Laba Rugi


Di laporan laba rugi, Pendapatan dari penjualan jasa diakui pada saat penjualan jasa, ada yang diakui pada saat pembayaran ada pula yang diakui pada saat jasa telah selesai diberikan. Harga Pokok Pendapatan


Harga pokok pendapatan (HPP) perusahaan jasa merupakan biaya yang dikeluarkan langsung untuk memperoleh barang atau jasa yang dijual. Komponen ini merupakan beban pokok pendapatan dari paket jasa yang ditawarkan.


2. Laporan Neraca



Laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan posisi keuangan yang berupa aset, liabilitas dan kewajiban, dan ekuitas (modal) untuk satu periode akuntansi tertentu pada suatu perusahaan. Laporan keuangan ini umunya sama seperti pada perusahaan dagang.


3. Laporan Perubahan Modal


Sama hal nya dengan Laporan Keuangan pada Perusahaan dagang maupun manufaktur. Unsur-unsur pada laporan perubahan modal adalah modal awal, laba/rugi bersih, setoran/penarikan, dan modal akhir.


Dalam hal ini, modal dapat bertambah jika laba lebih besar dari pada pengambilan pribadi (prive). Dan modal akan berkurang jika laba lebih kecil dari prive dan rugi ditambah dengan prive.


Nah buat temen temen yang bingung gimana caranya belajar dan kelola financial atau keuangan perusahaan kalian bisa ikutan business finance mentoring bersama coach Yuszak M Yahya. Disana kamu bisa belajar banyak hal tentang keuangan dan dimentoring langsung sama expert nya lho. Yuk cus daftar di www.ilmukeuangan.com/mentoring2




22 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page