Contoh Rill Biaya Variabel di Perusahaan




Sebelumnya kenalan dulu yuk sama biaya variabel ! Biaya variabel atau variable cost adalah biaya yang akan berubah menjadi besar atau kecil tergantung pada banyaknya produk dan jasa yang dihasilkan atau dijual.


Semakin banyak produk yang dijual atau dihasilkan, biaya variabel akan semakin tinggi dan sebaliknya. Nah supaya lebih mengerti ada contoh riil nya ini ! Ketika kamu membeli sebuah ice cream, cone dan bahan baku lainnya merupakan contoh dari variabel cost. Mengapa? Karena semakin banyak ice cream yang terjual, maka semakin banyak bahan baku yang digunakan, yang membuat biaya variabel restoran tersebut semakin tinggi.


Namun sebenarnya, tidak hanya bahan baku, ada beberapa biaya lagi yang biasa dianggap sebagai variable cost di perusahaan. Apalagi ya ? Yuk simak selengkapnya!


Komisi Penjualan

Perusahaan pada umumnya memiliki salesman. Salah satu insentif supaya salesman semangat berjualan banyak adalah dengan memberikan dia komisi (biasanya berupa persentase) dari omset penjualan yang dia capai.

Artinya semakin tinggi omset yang dihasilkan, semakin besar variable cost (berupa komisi) yang perlu dikeluarkan perusahaan.


Biaya Listrik & Air

Listrik dan air juga akan dihitung biayanya pada akhir bulan tergantung dari penggunaan. Pada umumnya, pengunaan sumber daya yang diukur bisa dianggap sebagai biaya variabel.

Sebenarnya dalam suatu perusahaan, biaya terbesar yang terjadi adalah di fixed cost atau biaya tetap. Apabila ingin menghasilkan keuntungan, Anda harus memastikan penjualan melebihi fixed cost terlebih dahulu.


Biaya Transportasi

Apabila perusahaan Anda memerlukan jasa pengiriman, ini juga dianggap sebagai variable cost karena biasanya ekspedisi membebankan biaya berdasarkan jarak tempuh pengiriman.

Begitu juga apabila karyawan perusahaan Anda memerlukan jasa transportasi seperti taksi dan ojek online untuk pulang pergi dari tempat client, cost akan naik turun berdasarkan seringnya mereka mengunjungi client tersebut.


Biaya Tenaga Kerja Langsung

Maksudnya tenaga kerja langsung di sini adalah tenaga kerja yang terlibat dengan proses produksi secara langsung. Misalnya biaya tenaga tambahan karena kelebihan permintaan dimana di saat bersamaan karyawan juga terpaksa lembur sehingga perlu dibayar lemburannya.


Biaya Peralatan

Bukannya peralatan termasuk fixed cost? Tidak juga. Hal yang menjadi biaya peralatan menjadi biaya tidak tetap adalah karena nilai fungsi. Misalnya saja bensin, oli mesin, sparepart, bahkan alat makan sekali pakai.


Nah sudah tahu kan yang termasuk variabel cost apa saja? kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !





51 views0 comments

Recent Posts

See All