Dampak Kesalahan Laporan Keuangan



Laporan keuangan merupakan laporan periodik yang dibuat oleh suatu bisnis atau perusahaan. Biasanya, laporan ini banyak digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Hal ini karena laporan ini berisi keadaan keuangan perusahaan. Pembuatan laporan keuangan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Seluruh angka yang ada dalam laporan keuangan harus dimasukkan dan dihitung secara tepat. Lalu bagaimana jika terjadi kesalahan dalam membut laporan keuangan, bagaimana dampaknya ?


Adanya Resiko Pengambilan Keputusan yang Salah

Salah satu fungsi Laporan keuangan adalah menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Adanya kesalahan dalam laporan keuangan tentu akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan ini. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan adanya keraguan terhadap kredibilitas perusahaan. Akibatnya, perusahaan akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari donatur, investor, atau pelanggan.


Kesalahan Laporan Keuangan Mempengaruhi Pajak, Denda, dan Audit

Adanya kesalahan pada laporan keuangan perusahaan tentu akan sangat mempengaruhi terhadap perhitungan pajak, denda yang harus dibayarkan, serta proses audit perusahaan. Adanya kesalahan data bisa menyebabkan perusahaan harus membayarkan sejumlah uang tertentu saat proses audit dilaksanakan. Sebaliknya, adanya data keuangan yang akurat dan rekonsiliasi yang tuntas membantu seluruh pihak terkait untuk bisa tenang saat proses audit.


Memberikan Citra Buruk bagi Perusahaan

Keberhasilan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan sangat dipengaruhi oleh citra perusahaan tersebut di mata masyarakat. Masyarakat cenderung lebih senang membeli produk atau menggunakan jasa dari perusahaan yang memiliki citra yang baik. Perusahaan yang memiliki kesalahan pada laporan keuangan dan telah tersebar ke publik akan memiliki citra yang lebih buruk. Orang akan beranggapan bahwa perusahaan tersebut berisi orang-orang yang tidak profesional dan diatur oleh manajemen yang buruk. Selain itu, perusahaan tersebut juga akan dianggap memanipulasi data dan tidak etis.


Kesalahan Laporan Keuangan Mempengaruhi Aliran Dana

Dampak umum lainnya dari kesalahan pada laporan keuangan yaitu adanya pengaruh buruk bagi aliran dana perusahaan. Laporan keuangan yang salah tidak bisa menceritakan mengenai keadaan keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Memperbaiki hal ini juga termasuk kegiatan yang sulit dan sangat memakan waktu. Hal ini juga akan mempengaruhi pengaturan dan pengiriman invoice. Akibatnya, perusahaan akan lebih lama menerima pembayaran dari waktu yang seharusnya. Hal ini tentu akan mempengaruhi banyak hal lain, misalnya pembayaran gaji karyawan.


Kesalahan Laporan Keuangan Memberikan Perkiraan Posisi Finansial Perusahaan yang Salah

Adanya kesalahan dalam laporan keuangan tentu dapat memberikan perkiraan mengenai posisi finansial perusahaan yang salah. Jika hal ini diketahui oleh investor tentu akan mempengaruhi iklim investasi. Jika posisi keuangan perusahaan tidak stabil, tentu investor akan ragu untuk berinvestasi terhadap perusahaan tersebut. Hal yang sama juga berlaku pada saat perusahaan mengajukan pinjaman ke institusi keuangan. Dampaknya, pertumbuhan dan perkembangan perusahan bisa terhambat.

Setelah tau mengenai dampak kesalahan dalam laporan keuangan, untuk itu diperlukan adanya keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !







853 views1 comment

Recent Posts

See All