Deal dengan Investor




Ada pepatah bisnis yang bilang “produk yang bagus adalah produk yang disukai konsumen”

dan “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang disukai investor”.

Artinya jika ada investor yang suka dengan bisnis atau perusahaan anda dan mau menaruh uangnya diusaha anda, bisa hampir dipastikan bisnis anda bagus, karena ada orang atau perusahaan investasi yang mau berbagi resiko di bisnis anda.

Investor sama halnya dengan pasangan hidup anda. tentunya anda sudah berhitung masak-masak sebelum menentukan pasangan hidup anda kan?

Begitu juga investor, mereka juga pasti sudah sangat berhitung masak-masak sebelum melakukan investasi ke usaha anda.


Sebenernya apa sih yang dilihat Investor sebelum memutuskan Investasi ke usaha anda?


Belakangan banyak UKM dan startup yang curhat kesaya karena kesulitan modal dan sulitnya meyakinkan investor. ada beberapa kesamaan yang saya lihat dari mereka sehingga mereka selalu gagal pada saat pitching ke investor. yang paling terlihat adalah,


Sikap yang kurang baik.

Siapa bilang Investor akan melihat produk anda untuk memutuskan investasi? Produk anda mungkin nomer kesekian yang investor lihat. Pengalaman saya, Investor pertama kali akan melihat Anda sebagai founder.Bagaimana kompetensi anda, bagaimana sikap anda, bagaimana semangat juang anda, antusiasme anda, dan lain2. pokoknya Attitude is everything lah. Investor tidak terlalu suka melihat founder yang “pinter” bacanya-sok pinter yang pada saat pitching terlihat sering menggurui si investor. Mereka lebih suka founder yang rendah hati ,mampu berkomunikasi dengan baik dan punya sikap mau belajar dan mendengar serta punya semangat juang yang kuat.


Investor tidak suka dengan sikap kita yang mudah menyerah. pada saat Pitching, sudah selayaknya investor akan bertanya banyak hal ke anda. bahkan sering mengeluarkan pertanyaan2 yang bisa membuat anda “down”. jarang ada i vestor yang suka memuji-muji.hehe. disinilah kita harus kuat dan tunjukan semangat kita.


Selanjutnya Investor tidak suka dengan founder yang punya kegiatan yang banyak sekali.apalagi founder yang bisnisnya sudah belasan dan dijalanin semua. Investor suka dengan founder yang fokus. Nah buat anda yang bisnisnya banyak dan anda semua “CEO" nya, segera pilih, bisnis mana yang benar-benar anda ingin bangun dan anda ikut dalam manajemennya. Untuk usaha yang lainnya segera bentuk tim baru dan serahkan semua pengelolaan ke tim anda. anda cukup jadi shareholder saja tanpa ikut ngurus terlalu banyak.


Ingat, investor akan menaruh uangnya ke anda, tentunya dia harus sangat percaya dengan anda. sehingga yakin 100% menaruh resikonya.


Kesimpulannya, Investor juga manusia bukan robot. Jika anda sebagai investor tentunya anda juga ingin investasi ke orang-orang yang anda bisa percaya dan mampu meyakinkan anda kan?


Yuszak M Yahya

20 views0 comments

Recent Posts

See All