Diversifikasi dapat menjadi Strategi Besarkan Perusahaan



Apakah anda pernah mendengar mengenai Diversifikasi ? Diversifikasi adalah salah satu strategi perusahaan untuk memperluas usahanya dengan membuka beberapa unit bisnis ata produk baru ataupun anak perusahaan baru baik dalam lini bisnis yang sama dengan yang sudah ada maupun dalam unit bisnis yang berbeda dengan bisnis inti perusahaan. Diversifikasi menjadi pilihan yang menarik bagi perusahan ketika perusahaan menghadapi persaingan yang sangat ketat dan pertumbuhan pasar yang cepat.


Salah satu perusahaan yang menerapkan diversifikasi adalah Apple. Melansir The Verge, hampir setengah pemasukan mereka datang dari produk iPhone. Padahal awal mulanya, bisnis ini hanya menjual komputer. Apakah anda ingin jadi sebesar mereka? Pahami dulu semua tentang strategi diversifikasi ini. Namun tentunya inovasi ini bukan tanpa risiko. Produk baru bisa saja gagal, padahal anda sudah mengeluarkan banyak uang dan tenaga saat mengembangkannya. Lantas, mengapa harus menerapkan strategi diversifikasi dalam proses pengembangan bisnis. Alasannya inovasi diversifikasi ini mempunyai beberapa kelebihan yang layak dipertimbangkan


Perusahaan yang melakukan diversifikasi memiliki tujuan untuk mencapai profitabilitas yang lebih besar. Diversifikasi digunakan oleh bisnis untuk membantu mereka berekspansi ke pasar dan industri yang saat ini belum mereka jelajahi. Ini dicapai dengan menambahkan produk, layanan, atau fitur baru yang akan menarik pelanggan di pasar baru ini. Dengan memperluas jangkauan dan daya tarik mereka, bisnis dapat menjelajahi jalan baru untuk penjualan, dan pada gilirannya, memiliki potensi untuk meningkatkan keuntungan mereka secara signifikan. Selanjutnya diversifikasi juga dapat memungkinkan perusahaan untuk meminimalkan risiko penurunan industri, meningkatkan citra merek, dan juga dapat digunakan sebagai mekanisme pertahanan untuk melindungi perusahaan dari persaingan yang kuat.


Selain itu diversifikasi juga dapat membuat arus kas perusahaan dapat lebih stabil. Hal ini dilakukan perusahaan untuk mengatasi krisis ekonomi, sehingga apabila suatu perusahaan mengalami kemerosotan pendapatan di salah satu produk atau negara/daerah, produk atau negara/daerah lain mendapatkan kelebihan pendapatan untuk menutupi kekurangan yang terjadi.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




28 views0 comments

Recent Posts

See All