top of page

Emang Sepenting Itu Ya Branding?





Bestie dalam ngejalanin suatu bisnis pemilik bisnis bukan hanya perlu untuk menjaga kualitas produk/jasa yang ditawarkan tapi juga perlu memperhatikan bagaimana cara membangun brand dan melakukan strategi branding dengan tepat.


menurut Tom Goodwin nih branding adalah pola kemiripan, makna, kesukaan, dan kepastian mutu yang ada dalam benak konsumen.


Branding sangat penting bukan hanya karna branding menciptakan kesan pada konsumen namun juga dapat membuat konsumen atau klien untuk mengetahui appa yang dapat diharapkan dari perusahaan Anda. Branding adalah cara membedakan diri Anda dengan pesaing dan menjelaskan apa yang Anda tawarkan yang merupakan penawaran terbaik dibandingkan perusahaan lain.


Ada banyak area yang digunakan untuk mengembangkan brand diantaranya termasuk iklan, layanan konsumen, program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR, reputasi, dan tampilan visual. Semua elemen tersebut bekerjasama untuk menciptakan pembeda yang unik dan diharapkan juga dapat menarik perhatian konsumen.


pemilik bisnis bukan hanya perlu untuk menjaga kualitas produk/jasa yang ditawarkan; namun juga perlu memperhatikan bagaimana cara membangun brand dan melakukan strategi branding dengan tepat.

Nah kenapa sih


1. Memberikan Identitas Produk/Jasa Anda


Sama seperti apa yang sudah saya sampaikan pada beberapa paragraf sebelumnya; brand berfugsi sebagai identitas. Identitas itu lah yang membedakan produk/jasa Anda dengan produk/jasa sejenis milik kompetitor. Identitas brand yang paling dasar adalah logo desain.


2. Menyampaikan Nilai Produk/Jasa Anda


Pada saat Anda membangun sebuah brand, berarti Anda sudah siap untuk menyampaikan pesan berupa nilai yang terkandung pada produk/jasa yang Anda produksi kepada masyarakat. Nilai yang Anda anut dan sampaikan tersebut bisa menjadi magnet tersendiri bagi target market dari produk/jasa yang brand Anda tawarkan.


3. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan dan Target Market


Dengan adanya brand, berarti Anda telah membuka pintu komunikasi dengan target market dan calon pelanggan Anda. Brand akan menyampaikan berbagai pesan kepada masyarakat; nilai, kelebihan dari produk/jasa, unique selling point (USP) produk/jasa dan berbagai hal lainnya. Selain itu, kehadiran brand juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan review dari pelanggan yang telah mencoba produk/jasa dari brand Anda.


4. Membangun Kredibilitas dan Persepsi


Setelah beberapa orang mencoba produk/jasa dari brand yang Anda buat, mereka akan mengetahui kredibilitas brand Anda dan mulai membangun persepsi mereka mengenai brand Anda.


Bingung bagaimana belajar dan kelola keuangan perusahaan itu biasa terjadi, namun sudah tahu solusinya belum?


Ribuan pengusaha telah mengerti dan paham keungan perusahaan dengan penjelasan ringkas dan padat oleh Coach Yuszak M Yahya dan kini hadir program Onine Business Finance Mentoring bersama beliau menjadikan wadah bagi Anda untuk semakin mudah belajar keuangan perusahaan.

Link registrasi di sini




8 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page