top of page

Fakor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan


Ketika terjadi kenaikan, pelaku usaha harus dapat menjaga volume penjualan dengan baik. Pelaku usaha juga harus mengenali beberapa faktor yang mempengaruhi volume penjualan tersebut agar mengetahui apa saja yang menjadi sumber naik turunnya penjualan. Nah apakah Anda tahu faktor faktor yang dapat merubah bisnismu? Ini diaa mimin bagikan faktor faktor tersebut. Yuk simak selengkapnya!


1. Harga

Harga menjadi salah satu hal penting dalam berbisnis. Dari sisi pemasaran, harga tersebut secara tidak langsung dapat menjadi penilaian bagi produk yang ditawarkan. Konsumen biasanya menilai apakah harga yang dipasang sepadan dengan produk yang ditawarkan. Maka itu, harga dapat menjadi faktor yang cukup berpengaruh terhadap volume penjualan. Adapun pengertian harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk memperoleh berbagai kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya.


2. Strategi pemasaran

Faktor kedua ini perannya juga cukup besar bagi volume penjualan. Jika strategi pemasaran yang digunakan efektif dan cocok untuk target pasar, makan volume penjualan akan naik. Namun, jika pemasaran yang dilakukan tidak menggunakan strategi yang terukur, maka volume penjualan akan stagnan. Hal itu terjadi karena, inti dari strategi pemasaran adalah membangun komunikasi dengan konsumen yang sesuai dengan target pasar untuk meyakinkan tentang produk atau jasa yang dijual. Jadi, gunakanlah strategi pemasaran yang tepat.


3. Distribusi

Yang dimaksud dengan distribusi disini adalah sebuah jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai kepada pemakai atau struktur inti organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan terdiri atas: agen, dealer, pedagang besar dan pengecer.


Sederhananya, hal ini bisa diterapkan apabila usaha kamu memiliki stok lancar dengan permintaan penjualan yang tinggi. Jadi, kamu dapat menyalurkan produk kepada agen, dealer atau reseller. Jadi, distribusi ini digunakan dalam rangka mencapai volume penjualan yang ditargetkan dari suatu usaha tersebut.


4. Pelayanan

Pelayanan yang memuaskan akan menyenangkan hati konsumen. Hal ini dikarenakan pelayanan dapat menjadi sebuah kunci sukses suatu perusahaan untuk mengikat pelanggannya agar merasa betah dan percaya untuk memakai produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.


Sejatinya, pelayanan yang baik adalah pelayanan yang dapat membantu konsumen untuk mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya dari suatu produk yang ditawarkan dengan perilaku yang baik.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!




92 views0 comments
bottom of page