Fixed Cost Versus Variable Cost


Dalam ilmu ekonomi, adalah dua jenis biaya utama yang dikeluarkan perusahaan saat memproduksi barang atau jasa, yakni variabel cost dan fixed cost


Variable cost

Variable cost adalah biaya perusahaan yang dikaitkan dengan jumlah barang atau jasa yang dihasilkannya. Variable cost perusahaan naik dan turun sesuai dengan volume produksinya. Ketika volume produksi naik, Variable cost akan meningkat. Di sisi lain, jika volume turun, variable cost juga akan turun. Variable cost umumnya berbeda antar industri. Alangkah baiknya jika Anda baik membandingkan biaya variabel antara dua bisnis yang beroperasi di industri yang sama.


Misalkan perusahaan ABC memproduksi bulpoin dengan harga 200 per bulpoin. Jika perusahaan memproduksi 500 unit, biaya variabelnya adalah 100.000. Namun, jika perusahaan tidak memproduksi satu unit pun, maka tidak ada biaya variabel untuk memproduksi bulpoin.


Fixed cost

Fixed cost perusahaan tidak berubah sesuai volume produksi. Tetap sama terlepas dari apakah barang atau jasa diproduksi atau tidak. Dengan demikian, perusahaan tidak dapat menghindari biaya tetap. Semakin besar fixed cost yang dimiliki perusahaan, semakin besar pendapatan yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai BEP .


Misalkan perusahaan ABC memiliki biaya tetap sebesar 50.000 per bulan untuk menyewa mesin yang digunakannya untuk memproduksi mug. Jika perusahaan tidak memproduksi mug apa pun untuk bulan itu, perusahaan masih harus membayar 50.000 untuk biaya sewa mesin. Sebaliknya, jika memproduksi satu juta mug, biaya tetapnya tetap sama.


Perbedaan utama



Bagaimana fixed cost dan variable cost perusahaan anda?

153 views0 comments

Recent Posts

See All