top of page

Hukum , Keuangan, Pajak Ternyata Penting !




Ketika kita membuka bisnis, sering kali kita mengenyampingkan 3 hal ini , keuangan, hukum, dan juga pajak. Padahal membesarkan bisnis , bukan hanya tentang marketingnya dan omzet saja tapi legal, tax dan finance dalam hal ini perlu diperhatikan! Apalagi banyak celah penipuan baik internal maupun eksternal perusahaan karena minimnya seorang owner tentang ilmu pajak , hukum dan keuangan bisnis. Sudah terlalu banyak kisah sedih pebisnis yang gagal saat usaha mulai berkembang tetapi kemudian gagal total karen terlilit hutang akibat keuangannya buruk, pajaknya tidak sesuai ataupun karena terseret kasus hukum. Akibatnya harta habis, bisnisnya jadi tinggal nama.


Mengingat keuangan adalah masalah vital, rincian aliran dana keluar dan masuk pun tentulah harus jelas. Keuntungan adalah tujuan yang sudah umum bagi setiap perusahaan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara bagaimana manajemen keuangan yang baik termasuk pengelolaan biaya-biaya, anggaran, dan pemasukan. Peran laporan keuangan menjadi sangat krusial supaya manajemen keuangan menjadi lebih teratur. Apabila kamu berhasil mengelola keuangan dengan tepat, arus dana perusahaan akan menjadi sehat. Sebaliknya, jika uang tidak bisa diatur dengan cermat, pengeluaran dan pemasukan tidak akan bisa terkontrol, dan bisa saja berujung pada paili


Sama juga dengan pajak, Bagi pelaku usaha yang tidak taat pajak, maka tidak bisa mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari sistem OSS. Selain itu juga bisa mengurangi kredibilitas karena ada kemungkinan DJP akan mempublikasikan perusahaan apa saja yang tidak bayar pajak dimana kalo ini terjadi di bisnis kamu, bisaberpengaruh terhadap kepercayaan konsumen kamu. Dan skenario yang parahnya selain sanksi pajak, usaha yang tidak patuh dalam perpajakan bisa berujung ke pencabutan izin usaha.


Begitupun hukum, sengketa hukum dalam bisnis juga terkadang tidak dapat dihindarkan . Pelindungan terhadap kekayaan intelektual menjadi penting. Proteksi aset tidak berwujud dan hal mengenai hukum seringkali terlupakan karena minimnya ilmu.


Nah buat temen temen yang bingung dan gak mengerti tentang hukum, pajak, dan keuangan nih! Ilmu keuangan punya workshop yang bisa bantu kamu buat hajar tuntas 3 masalah tersebut. Para Pembicaranya juga praktisi Bisnis yang juga expert di bidangnya masing - masing loh. Yuk daftarkan dirimu di www.scaleuptrap.com


21 views0 comments

Comments


bottom of page