Ide Bisnis Tanpa Modal




Di era digital sekarang dengan maju perkembangan teknologi dan informasi, Kamu bisa memulai bisnis tanpa modal. Hal ini menjadi solusi karena mengumpulkan biaya atau investasi untuk modal awal memang bukan hal yang mudah. Kalau kamu belum dapat bayangan atau idenya, ilmukeuangan bantu berikan referensi bisnis tanpa modal untuk Kamu ini!! Apa saja kira-kira bisnisnya? Yuk simak selengkapnya ya!


1. Jasa Foto & Jasa Video

Keahlian fotografi pun bisa dimanfaatkan untuk mendulang rupiah. Tak perlu memakai kamera yang mahal, kamera yang sederhana atau smartphone pun bisa dimanfaatkan untuk membuat foto yang bagus asalkan memiliki kemampuan yang mumpuni. Saat ini banyak sekali bisnis foto katalog produk atau foto wisuda outdoor yang mulai tumbuh dan banyak diminati.


2. Dropshipper

Menjadi dropshipper merupakan cara berjualan paling mudah karena Kamu hampir tidak membutuhkan modal untuk menjalankannya. Modal yang diperlukan hanyalah pulsa atau paket data. Sistem dropshipper ini adalah Kamu bekerja sama dengan produsen lalu mempromosikan produk. Jika ada yang berminat membeli, Kamu meneruskan pesanan tersebut ke produsen dan produsen yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli

.

3. Bisnis Preloved atau Jual Barang Bekas

Siapa bilang barang bekas hanya menjadi sampah? Barang bekas bisa menjadi penghasilan tambahan. Kamu bisa menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai dan masih bisa digunakan. Barang-barang bekas yang biasa diperjualbelikan antara lain pakaian, buku, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.


4. Bisnis Jasa Design Grafis

Jika Kamu mempunyai hobi dan kemampuan menggambar, jangan sia-siakan bakat Kamu tersebut. Kamu bisa memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkan kemampuan membuat logo, desain materi promo di social media, desain banner, dan lain sebagainya. Namun, selain kemampuan menggambar, Kamu juga dituntut untuk bisa mengoperasikan software desain yang umumnya digunakan oleh para desainer grafis.


5. Bisnis Jasa Copywritter

Jika Kamu merasa Kamu cukup hkamul dalam menyusun kata-kata yang bersifat persuasif dan enak dibaca, menjadi copywriter adalah jawabannya! Copywriter adalah seseorang yang membuat sebuah karya tulisan yang bertujuan untuk membangun kesadaran calon pembeli terhadap suatu produk atau bisnis terhadap suatu produk.


Nah sudah tahu kan ide bisnis tanpa modalnya, semoga bisa membantu teman-teman yang kebingungan ingin bisnis apa ya!!! Nah setelah membangun bisnis kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !





19 views0 comments

Recent Posts

See All