Ingin Memulai Bisnis? Simak Tips Keuangan Berikut




Bagi anda yang ingin menjadi seorang pebisnis atau membuka usaha harus dimulai dengan bagaimana cara mengelola keuangan agar anda tidak mengalami kerugian. Tentu tak mudah untuk mengelola keuangan bisnis, apalagi dengan ekosistem persaingan yang sangat kompetitif. Berikut adalah 4 tips keuangan yang bisa anda lakukan


Memahami Pembukuan

Sebenarnya bagi seorang pebisnis anda tidak diwajibkan untuk bisa membuat pembukuan namun anda dituntut untuk memahaminya. Tidak peduli seberapa kecil usaha yang sedang Anda jalankan, persiapkanlah pembukuannya dengan baik, agar jika suatu hari nanti usaha itu menjadi besar, Anda tidak akan kerepotan. Pembukuan juga diperlukan untuk mengukur kinerja dan target bisnis Anda. Setidaknya Anda perlu membuat 5 buku akun terpisah yang mencatat setiap transaksi. Buku akun yang dibutuhkan yaitu buku arus kas yang berisi catatan uang keluar dan masuk, buku persediaan barang, buku pembelian dan penjualan, buku hutang piutang, serta buku biaya dan pendapatan lain selain penjualan barang atau jasa.


Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

faktor utama kebangkrutan usaha kecil adalah karena tidak melakukan pemisahan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Jika hal ini Anda lakukan, maka tidak jelas mana uang untuk bisnis, dan mana uang untuk keperluan pribadi. Terkadang pebisnis skala kecil tidak memisahkan keuangan pribadinya dengan keuangan usaha, dengan alasan usaha yang masih kecil, sehingga dianggap belum kompleks. Padahal hal tersebut merupakan kesalahan fatal yang dapat mengakibatkan gagalnya bisnis.


Membuat Anggaran

Sebaiknya Anda tidak menghamburkan uang meskipun saldo kas bisnis Anda dalam posisi mempunyai dana yang lebih dari cukup. Ini gunanya membuat Anggaran, untuk menyesuaikan rencana pengeluaran dengan target-target penjualan dan penerimaan kas sebaik mungkin. Anggaran adalah kemudi disebual kapal. Dengan membuat anggaran keuangan Anda bisa meminimalisir pengeluaran yang sia-sia.


Terus Belajar

Kelilingi diri Anda dengan orang yang tepat, seperti akuntan atau penasihat keuangan, yang dapat membantu memahami keuangan saat ini dan di masa depan. Tetap mengikuti perkembangan ekonomi yang sedang berlangsung. Tidak hanya berkaitan dengan perusahaan, tetapi dalam perekonomian secara keseluruhan. Anda dapat mempelajari hal-hal menyangkut keuangan melalui buku, audio, membaca secara online atau mengambil kelas.

24 views0 comments

Recent Posts

See All