Integrasi Horizontal dan Integrasi Vertikal



Baik integrasi horizontal vs integrasi vertikal adalah bagian dari strategi bisnis yang terjadi selama ekspansi bisnis apa pun. kegiatan bisnis strategis semacam ini membantu bisnis untuk meningkatkan pangsa pasar, margin, mengurangi persaingan, pendapatan lebih tinggi dengan profitabilitas lebih tinggi.


Apa Itu Integrasi Horizontal?

Integrasi Horizontal berarti akuisisi perusahaan serupa dalam sektor yang sama dan yang terkait dengan jenis kegiatan bisnis yang sama. Contoh dari integrasi horizontal adalah Facebook Inc. yang mengakuisisi Whatsapp. Keduanya berasal dari segmen media sosial dan hanya untuk mendapatkan pangsa pasar Facebook pada dasarnya telah mengakuisisi Whatsapp untuk tetap kompetitif di sektor media sosial. Dengan demikian akuisisi semacam ini dapat menjadi contoh ekspansi Greenfield, karena Whatsapp memiliki pengaturan dan basis pelanggan sendiri; tidak ada penyiapan baru yang dilakukan oleh Facebook.


Apa Itu Integrasi Vertikal?

Integrasi Vertikal melihat Industri secara keseluruhan dan berkonsentrasi pada segmen fungsional industri yang berbeda.Integrasi vertikal dapat dibagi jadi dua yakni forward integration dan backward integration. Tujuan utama integrasi vertikal menekankan pada efisiensi operasional dan diikuti dengan ekspansi margin. Dalam proses ini, perusahaan memperoleh tahapan produksi yang berbeda atau segmen fungsional yang berbeda dari proses produksi dan karenanya profitabilitas dari saluran yang berbeda dihilangkan dan margin keuntungan meningkat. Jenis keahlian yang dibutuhkan lebih kompleks daripada integrasi horizontal. Misalnya Google menyediakan sistem operasi untuk smartphone yang diakuisisi Motorola sebelum Lenovo, untuk menandai masuknya ke dalam pasar smartphone dan merupakan kasus forward integration.


Perbedaan Utama

Baik integrasi horizontal maupun integrasi vertikal memainkan peran besar dalam menentukan masa depan bisnis tertentu. Satu membantu dalam meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan margin dan profitabilitas dan yang lainnya membantu dalam mencapai pangsa pasar dan kekuatan harga yang lebih tinggi. Jadi, perpaduan antara integrasi horizontal dan integrasi vertikal diperlukan dalam segala jenis bisnis.

1,445 views0 comments

Recent Posts

See All