Kelebihan & Kekurangan Variabel cost




Biaya merupakan hal yang tidak akan lepas dari komposisi finansial sebuah perusahaan. Dengan kata lain biaya merupakan objek yang dicatat, digolongkan, diringkas, dan disajikan dalam akuntansi biaya. Lalu apa itu variabel cost ? Variabel cost atau costing atau harga pokok variabel adalah merupakan salah satu metode dalam penentuan harga pokok produksi yang membebankan unsur biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik. Nah variabel cost memiliki kelebihan dan kekurangan. Apasih kelebihan dari variabel cost ?

Perlu diketahui bahwa variable costing memiliki kelebihan yang perlu Anda ketahui, berikut daftarnya:


a. Membantu dalam mengendalikan biaya

Dengan menggunakan variabel costing, pihak manajemen bisa memisahkan biaya tetap dari laporan raba rugi sehingga pihak manajemen bisa bisa fokus pada perilaku biaya tetap ini.


b. Membantu pengambilan keputusan jangka pendek

Dengan menggunakan variabel costing, pihak manajemen bisa menentukan pengambilan keputusan, misal jika ada pesanan khusus maka harganya sudah bisa ditentukan lewat variabel costing.


c. Membantu perencanaan penentuan laba jangka pendek

Pihak manajemen memerlukan informasi mengenai biaya yang sudah dipisahkan menurut perilaku dan menurut perubahan volume produksi untuk menentukan laba jangka pendek.


Nah setiap kebihan pasti ada kekurangan, apasih kekurangannya ?

a. Jarang sekali menemukan biaya benar-benar memiliki sifat variabel atau tetap, sehingga untuk menerapkan variabel costing secara penuh akan sulit dilakukan.


b. Penggunaan metode ini dianggap tidak sesuai dengan kaidah akuntansi, sehingga walaupun manajemen melakukan implementasi variabel costing untuk keperluan internal perusahaan, manajemen tetap harus membuat pelaporan keuangan laba rugi untuk keperluan eksternal.


c. Penerapan variable costing hanya cocok untuk perusahaan yang penentuan labanya berdasarkan volume penjualan, sehingga bagi perusahaan yang memiliki produk bersifat musiman tidak akan cocok, jika tetap memaksa menggunakan variable cost, maka perusahaan tersebut malah akan menderita kerugian yang besar.


d. Penerapan variabel costing membuat kesulitan dalam memisahkan antara biaya tetap dan biaya variabel


Setelah tau mengenai variabel cost ,kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !





16 views0 comments

Recent Posts

See All