Kelola Prive ? Penting Banget!




Udah pada tau belum sih apa itu prive? Ternyata masih banyak lho yang belum tau apa itu prive. Padahal sebernya kita sering lho meihatnya di Laporan Keuangan Perusahaan. Jadi prive ini adalah penarikan modal yang dilakukan oleh investor perusahaan atau pemilik usaha (owner) untuk keperluan pribadinya. Dan perlu diingat, walaupun bisa ditarik oleh pemilik dan investor, tentu harus melalui prosedur tertentu.


Sehingga pengelolaan prive harus dilakukan oleh perusahaan agar penarikan modal yang dilakukan owner atau investor tidak membawa dampak buruk pada perusahaan. Berikut ini tips mengelola prive :

1. Menyiapkan Dana Cadangan

Menyiapkan dana cadangan penting untuk mengatasi keperluan tidak terduga ataupun mendesak. Laba yang ditahan dapat berfungsi sebagai dana cadangan bagi perusahaan. Dana cadangan memang tidak termasuk kelompok prive namun, bisa menjadi backup saat ada penarikan oleh investor.


2. Batasan Prive

Untuk para pemilik dan investor bisnis, Anda disarankan untuk memiliki batasan prive. Sebaiknya tidak melebihi dari 50% modal awal.


3. Kurang dari Laba yang Diterima

Sebaiknya dibuat aturan penarikan harus di bawah atau kurang dari laba yang diterima. Pengurangan harga jual dengan harga pokok penjualan menghasilkan sebuah laba, dan laba inilah yang kemudian diperhatikan dan dijadikan batasan agar penarikan modal maupun aset tidak kurang dari nominal tersebut.


4. Jangan Dicampur adukkan

Sebagaimana kita dituntut untuk profesional, tidak mencampurkan urusan perusahaan dengan urusan pribadi, sama halnya dengan mengelola prive . Sangat disarankan untuk memisahkan dana pribadi dengan perusahaan. Hindari melakukan prive hanya untuk memenuhi gaya hidup pribadi ataupun menggunakannya secara berlebihan.


5. Lakukan Evaluasi

Langkah yang terakhir adalah jangan lupa melakukan evaluasi secara rutin untuk mengetahui kondisi perusahaan, apakah jumlahnya berkurang atau bertambah. Selain itu hal ini dilakukan untuk memastikan para investor menarik modalnya tidak melebihi persetujuan. Nantinya hasil evaluasi ini bisa dijadikan sebagai pembuat keputusan bisnis untuk ke depannya.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



31 views0 comments

Recent Posts

See All