Kenapa Bisnis Perlu Scale Up ?




Scale up adalah membuat perusahaan kecil menjadi lebih besar, mempunyai suatu sistem yang lebih mapan dan mampu menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.


Setiap bisnis atau startup pada dasarnya akan melakukan scale up atau mengembangkan usahanya lebih luas lagi. Selain bisa menciptakan pasar baru dengan perluasan produk, tentu scale up juga dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak.


Lalu kenapa sih sebuah bisnis perlu melakukan scale up? Jika kita tidak melakukan scale up dalam perusahaan kita, bisa jadi perusahaan tersebut menyempit pasarnya karena tidak kunjung berkembang, atau karena perkembangan zaman, kita tidak bisa mengikuti lagi perubahan perilaku konsumen.


Selain itu UKM seperti kita lambat laun akan tergilas oleh perusahaan besar yang memiliki bisnis yang sama dengan kita. Ketika kita memulai bisnis, tentu kita punya kompetitor. Jika para kompetitor tersebut berhasil melakukan scale up sementara kita tidak, pasar kita akan dikuasai oleh perusahaan besar tersebut, karena sumber daya mereka menjadi lebih bagus, dan pengelolaannya menjadi lebih baik.


Sementara apabila kita memulai perusahaan start up (berbasis teknologi) mau tidak mau harus melakukan scale up. Pada dasarnya, start up adalah usaha yang dibangun dengan sistem bisnis yang belum teruji. Jika kita berhasil membuat produk yang dibutuhkan pasar, maka kita sudah berhasil membuat sistem bisnis baru dan harus menjadikannya sebuah perusahaan yang lebih mapan juga.


ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.







21 views0 comments

Recent Posts

See All